Korem 052/Wkr Peringati Hari Juang Kartika ke 73, Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat

Bagikan :

BERITA KOREM 052/WKR

mediapatriot.co.id, Tanggerang – Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat adalah tanggal khusus yang khusus Korps Infanteri TNI AD dan diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Sebelumnya bernama Hari Infanteri. Komando Resort Militer (Korem) 052/Wijayakrama(Wkr) melaksanakan upacara
dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika ke 73 dengan Inspektur Upacara Kasrem 052/Wkr Letkol Kav Soleh S.sos, di laksanakan di lapangan Makorem 052/Wkr Jalan. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci, Tangerang, Sabtu(15/12/2018).

Kasrem 052/Wkr Letkol Kav Soleh S. Sos membacakan, amanat Hari juang Kartika jatuh pada tanggal 15 Desember 2018 yang bertema “TNI Angkatan Darat mengabdi dan membangun bersama rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmetmen prajurit TNI-AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat indonesia.

Tolehan tinta emas peristiwa palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan bangsa indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda, semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan indonesia.

“Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat ( TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang. Dengan semboyan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti”, pasukan TKR memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pangkuan ibu pertiwi,”kata Letkol Kav Soleh S. Sos.

Dalam rangkaian peringatan inilah peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan mengawal panji-panji atau simbul Korps Infanteri di laksanakan guna menggelorakan semangat dan meresapi nilai-nilai patriotisme para pahlawan. Selaku generasi penerus kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin komplek serta dinamis,”pesan dari Danrem 052/Wijayakrama (Wkr) Kodam Jaya Kolonel Kav Agustinus Purboyo. S. I. P, yang dibacakan oleh Kasrem 052/Wkr Letkol Kav Soleh S.sos.

Reporter : Sugeng

Bagikan :