Dinsos DKI Jakarta adakan Bimtek Aplikasi SIKS-NG

Bagikan :

mediapatriot.co.id, Jakarta – Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan Bimbingan Teknis dan Pelatihan Instrumen Pendataan Dinas Sosial, Petugas Cacah Lapangan(PCL), bekerja sama dengan Yayasan Kampung Teknologi melalui uji coba aplikasi data Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-GN), diselenggarakan di kantor Microsoft Indonesia, Jalan. Jend Sudirman Kav. 52 – 53, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin(17/12/2018).

Dalam upaya pengembangan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Jaminan Sosial, Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan Bimbingan Teknis dan Pelatihan Instrumen Pendataan Dinas Sosial. Bimtek tersebut diselenggarakan dalam rangka pelatihan bagi petugas cacah lapangan dalam penggunaan aplikasi SIKS-NG.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, pelatihan ini penting dilakukan mengingat dinas sosial akan membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Data Informasi dan Jaminan Sosial (Pusdatin Jaminan Sosial).

“Saat ini data sangat penting. Data dari Pusdatin akan menjadi data tunggal sebagai acuan dalam setiap membuat kebijakan,” kata Irmansyah.

Ia melanjutkan, Aplikasi Pendataan melalui android yang akan dikembangkan Dinas Sosial merupakan pengayaan aplikasi untuk mengakomodir kebutuhan daerah.

Sementara Keynote Speaker dalam Bimtek tersebut, Kepala Pusat Data Informasi Kementerian Sosial, Said Mirza Pahlevi menyampaikan, apresiasi terhadap Dinas Sosial DKI Jakarta yang telah memfasilitasi kegiatan bimtek ini. Karena menurutnya, bimtek seperti ini sangat penting dilakukan terhadap PCL dan berharap aplikasi yg digunakan di DKI Jakarta dapat diintegrasikan dengan SIKS-NG. Ke depan Dinas sosial akan menjadi ujung tombak pengelolaan data,”ujar Said.

Bimtek diawali dengan ungkapan selamat datang dari Microsoft Corp Seattle Amerika Serikat Mr. Sanjay Jakob, dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Sosial, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Husein Murad, dan dibuka oleh Fadjar Panjaitan Yayasan Kampung Teknologi

Setelah itu diisi dengan pemberian materi aplikasi SIKS-NG serta simulasi Aplikasi Pendataan Terpadu Dinas Sosial.

Reporter : Sugeng

Bagikan :