Jawa Barat BUMDES Terbaik Ke 2 Ujunggebang Indramayu

Bagikan :

Indramayu, MPI

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Maju Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra, dua kata yang pantas hebat dan keren. Pasalnya BUMDES di desa tersebut menjadi terbaik ke-2 di Provinsi Jawa Barat. Hal itu terungkap ketika acara Launching BUMDES Juara Tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung Sabtu, (15/12/2018) di Cihampelas Walk Bandung.

BUMDES yang didirikan pada 2 Agustus 2018 tersebut, dinilai mampu mengelola berbagai potensi desa, sehingga menciptakan lapangan kerja serta bernilai ekonomis bagi para masyarakatnya. Dengan demikian, meskipun baru uisanya masih seumur jagung, namun keberadaan BUMDES Maju Desa Ujunggebang mampu menghidupi masyarakatnya dan banyak memberi manfaat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto mengatakan, BUMDES Maju Desa Ujunggebang konsentrasi di tiga unit usaha yakni, usaha air kesehatan/isi ulang, pengelolaan keuangan, dan pariwisata Pantai Plentong.

Dalam mengelola BUMDES Maju, ujar Sugeng, Desa Ujunggebang ini memiliki bisnis planning dan pemasaran, serta pengelolaan yang jelas dan terukur sehingga sebagai unit usaha, BUMDES ini sangat sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan prestasinya itu, BUMDES Maju Desa Ujunggebang berhak atas hadiah Rp 70 juta sebagai tambahan modal usaha.

“Kami ikut sertakan BUMDES Maju ini dalam lomba tingkat Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah, ini menjadi prestasi bagi semuanya sehingga bisa menjadi contoh dan dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Indramayu. BUMDES ini langsung menggebrak dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui wisata Pantai Plentong,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BUMDES Maju Desa Ujunggebang, Taripan mengatakan, saat ini semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan BUMDES memiliki komitmen untuk terus mengembangkan BUMDES yang sehat dan benar-benar professional.

“Setahap demi setahap kami lakukan mulai dari pemasaran, pengelolaan keuangan, hingga lainnya. Kami mendekatkan dengan teknologi digital sehingga semuanya bisa lebih cepat dan mudah,” kata Taripan.

Di tempat terpisah Plt. Bupati Indramayu, H. Supendi mengatakan, BUMDES harus mampu mengelola berbagai potensi yang dimilikinya bahkan bisa membangun jejaring social dengan pihak diluar untuk mengembangkan BUMDES.

“Seperti yang dilakukan BUMDES Maju Desa Ujunggebang ini mereka mampu mendatangkan program CSR dari berbagai pihak untuk pengembangan lokasi wisatanya. Desa lain silahkan bisa berkunjung dan saling bertukar pengalaman agar desanya bisa maju,” tegas.(tim)

Bagikan :