Tangkal Hoax, Ciptakan Informasi Berkualitas, Cerdas Dan Mencerahkan

Bagikan :

KENDARI, mediapatriot.co.id_Dalam rangka menangkal lenyebaran informasi hoax, Penasultra.com yang merupakan salah satu media online lokal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggandeng organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar Talk show dan Diklat Jurnalistik Muda.

Dengan mengangkat tema “Tangkal Hoax, Menciptakan Informasi Berkualitas, Cerdas Dan Mencerahkan”, talk show yang digelar disalah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (29/12), diikuti puluhan jurnalis muda dari berbagai media online, serta akademis dari kalangan mahasiswa.

Menghadirkan pemateri Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt, SIK, M.Si; Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Sultra, Drs. Andi Muhammad Toasa, MM; Akademisi M. Djufri Rachim, Ketua PWI Sultra Sarjono, serta Ketua SMSI Sultra Gugus Suryaman.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Humas Polda sultra, AKBP Harry Goldenhardt, membawakan materi terkait skema menangkal hoax serta upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), terutama revolusi industri 4.0 tentang pemanfaatan teknologi siber fisik dan upaya atasi hoax, hatespeech dan konten negatif dengan edukasi literasi digital, penegakan hukum dan regulasi.

Harry mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah memiliki kemampuan yangbmumpuni dalam menggunakan teknologi informasi. Akan tetapi yang menjadi keprihatinan ketika masyarakat kurang mengerti akan etika dalam menggunakan informasi.

“Satu kunci yang perlu kita pahami, berhenti sampai didiri kita, jangan disebarkan. Itu salah satu cara bertindak untuk eliminir berita hoax,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa sebagai akademisi kampus serta para jurnalis muda perlu memberikan edukasi terkait penggunaan media sosial dan penggunaan teknologi informasi di lingkungan keluarganya, kampus, dan komunitas.

Dikatakan, para masyarakat perlu diberikan pengetahuan bahwa menyebarkan hate speech dan hoax sangat tidak tepat. Demikian halnya edukasi digital untuk membantu orang tua bagaimana menggunakan teknologi informasi dengan baik.

“Lakukan yang bisa kalian lakukan, kami dari Humas Polda Sultra tidak dapat bekerja sendiri melainkan harus menggandeng yang lainnya terutama media dan organisasi,” pungkasnya.(dewi/humas polda sultra)

Bagikan :