Tingkatkan Kesadaran Kamtibmas, Polsek Batui Beri Penyuluhan

Bagikan :

BATUI, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kepolisian Sektor (Polsek) Batui, Polres Banggai, berikan penyuluhan kepada masyarakat, Rabu (03/01).

Penyuluhan yang digekar di balai Desa Nonong, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, ini dihadiri Kapolsek Batui, IPTU Candra, SH; Kepala Desa Nonong, Samudin Masagala; Sekretaris Desa Nonong, Aspin Sinukun; Babinsa Nonong, Sertu Ashar; tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat Desa Nonong.

Kapolsek Batui, IPTU Candra, SH, dalam penyuluhan tersebut memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat desa terkait keamanan, pemberantasan minuman keras dan penyalahgunaan Narkoba.

Kapolsek mengungkapkan, dalam kehidupan bermasyarakat keamana merupakan faktor yang sangat penting. Minuman keras (miras) dan narkoba menjadi salah satu faktor pemicu masalah keamanan.

“Kami berharap masyarakat bersinergi dengan pihak kepolisian dalam hal memberantas miras dan Narkoba. Kepolisian tidak meminta warga mengadili dan menghakimi ketika menemui persoalan tersebut, namun cukup dengan memberikan informasi kepada pihak kepolisian. Informasi yang diterima akan ditindaki sesuai dengan prosedurnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolsek mengajak masyarakat agar bijak dalam menanggapi berita yang beredar dan menggunakan media sosial (sosmed).

Kapolsek mengatakan, sosial media saat ini tidak seperti jaman dulu. Jaman sekarang, kehidupan warga, terutama generasi muda, sangat rentan dipengaruhi oleh berita-berita yang sangat menyesatkan di sosmed.

“Polri menghimbau agar para orang tua dan memantau anak-anaknya agar tudak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang tidak bermanfaat di sosmed,” tambahnya.

Selain itu, Kapolsek juga meminta masyarakat agar mendukung kegiatan yang diprogramkan oleh Kepala Desa (Kades) guna memajukan desa.

“Mari dukung program yang dicanangkan oleh Kades. Dan mari bersama turut mengawasi penggunaan dana desa. Jika terjadi pelanggaran tolong ditegur dan atau perlu nanti dilaporkan kepada pihak kepolisian,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terhasut isu-isu yang berkembang, terutama terkait dengan akan datangnya tsunami yg belakang ini sedang viral.

“Saya ingatkan kepada warga bahwa semua itu hoax. Karena hingga sekarang belum ada teknologi yang dapat mendeteksi akan adanya gempa dan tsunami,” pungkasnya.(dewi)

Bagikan :