oleh

Pansus P3B Desak Pemerintah Segera Bangun Huntap Bagi Pengungsi


PENCARIAN GOOGLE:

PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Yahdi Basma, Ketua panitia khusus (pansus) Pengawasan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana (P3B) DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) mendesak pemerintah agar mempercepat proses pembangunan hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi korban bencana di Palu, Sigi, Donggala (Pasigala), Sulteng.

Meskipun demikian, Yahdi juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) untuk menghentikan pembangunan huntara di shelter pengungsian korban likuifaksi dan tsunami.

Berita Viral Lainnya>>

Hal ini diungkapkannya saat rapat dengar pendapat (RDP) P3 DPRD Sulteng dengan Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi dan Donggala, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Rabu (09/01) di kantor DPRD Sulteng.

Yahdi mengatakan di shelter-shelter korban likuifaksi dan tsunami saat ini lebih dari 80 persen para pengungsi telah memiliki huntara sendiri.

“Sejak bulan Oktober para pengungsi mengumpulkan puing-puing bekas rumah mereka guna dijadikan bahan baku huntara. Huntara itu dikenal dengan sebutan Tenda Seng,” paparnya.

Selain itu, lanjut Yahdi, menghentikan pembangunan huntara di shelter-shelter tersebut guna menghindari pemborosan (inefisiensi) keuangan Negara. Untuk itu, Kempupera sebaiknya langsung membangun hunian tetap (huntap).

“Sebaiknya pemerintah mulai fokus membangun hunian tetap (huntap) sehingga tidak memboroskan anggaran,” tegasnya.

Yahdi yang juga merupakan salah satu korban likuifaksi ini pun turut menjadi pengungsi diwilayah Petobo Atas, Kota Palu. Saat ini, ia menguraikan terdapat 900 huntara yang dibangun atas inisiatif warga korba gempa diwilayah tersebut.

“Diwilayah Petobo atas ini terdapat 900 huntara yang dibangun oleh warga korban gempa dengan ukuran mulai dari 4×5 meter atau 6×4 meter. Huntara ini bahkan lebih luas dari huntara yang dibangun pemerintah, yaitu 3×4 meter,” tuturnya.

Anghota Komisi I DPRD Sulteng dari Fraksi Nasdem ini menegaskan pasca 100 bencana, para pengungsi telah terbiasa dengan tenda seng tersebut. Ia berpendapat apabila jika mereka tetap dibuatkan huntara bisa menjadi suatu pemubaziran dan pemborosan keuangan negara.(dewi)

Foto: ist



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com


Komentar

News Feed