Raih Adipura 2018, Pemkab Banggai Apresiasi Kinerja Semua Pihak

JAKARTA, mediapatriot.co.id_Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan, dan implementasi kebijakan penghijauan.

Salah satu kriteria penilaian dalam
penghargaan Adipura yang diimplementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yakni pengurangan sampah sebesar
30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Selain itu, upaya yang mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota juga menjadi faktor penilaian.

Penerapan Adipura membutuhkan keterlibatan aktif peran masyarakat dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci
perubahan perilaku dalam mengelola dan menjaga daerah agar menjadi daerah yang bersih dan teduh.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Rosa Vivien Ratnawati, menyampaikan melalui program Adipura pemerintah kota/kabupaten diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100% pada tahun 2025.

“Strategi nasional pengelolaan sampah 2025 menjadi cepat dan terukur sesuai PP Nomor 97 tahun 2017, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKSTRANAS) Pengelolaan
Sampah,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, melalui Kasubag Humas dan Dokumentasi Setda Banggai, Ronal Putje, mengungkapkan keberhasilan Kabupaten Banggai meraih Adipura Kirana merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Banggai, yang berkomitmen menjaga kebersihan kota Luwuk.

Berkat komitmen tersebut, KLHK RI menetapkan Kabupaten Banggai sebagai salah satu penerima Adipura tahun 2017-2018. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, kepada Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, Senin (14/01).

Selain Kabupaten Banggai, 145 kepala daerah lainnya juga menerima penganugerahan Adipura dan Green Leadership yang dipusatkan di Manggala Wanabakti KLH RI.

Herwin juga mengapresiasi kinerja seluruh elemen yang ada di Kabupaten
Banggai yang mau bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.

“Keberhasilan ini berkat kerja keras kita semua,” ucap Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, berbarengan.(dewi)

Bagikan :