Kesultanan Ternate Bakal Expor Kopra Ke Philipina Tahun Ini

Bagikan :

TERNATE – Anjloknya harga Kopra membuat pihak Kesultanan Ternate tak tinggal diam, buktinya dalam waktu dekat akan berekersama dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Fhilipina di Manado, Oscar G. Orcine kini memasuki tahap II bisa dibilang sudah mencapai titik terang.

Firman Sjah mengatakan, Jumat kemarin (8/2) dirinya di undang di kantor Kedubes Philipina di Jakarta itu berbicara terkait bagimana pemblian kopra ini bisa berjalan dengan baik karena selama ini kopra tersebut di jual di Bitung.

“Waktu pertemuan kemarin sesuai dengan pembicaraan dengan konsulat alhamdulillah kami di undang lagi dengan Duta besar Philipina untuk indonesia Mr. Leehiong T. Wee dia juga sebagai pengusaha namun lebih fokus di rumput laut dan mengetahui juga tentang kopra tersebut,”kata Firman kepada wartawan,Minggu (10/2/2019).

Dikatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan kepala dinas Prikanan Provinsi Maluku Utara (Malut) yakni Buyung Rajiolun apakah ada program edmin edukasi atau pendampinagan terhadap petani rumput laut dan kopra dalam rangka meningkatkan produksi.

” Untuk Kopra rencanaya akan expor dari kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ke Philipina, semua ini dilakukan demi petani kopra di malut” katanya lagi

Ia juga menambahkan, bulan Juli ini pihaknya sudah melakukan ekspor Philipina,pihaknya mengahrap dalam bekerja sama ini agar petani ini gairanya untuk bagkit kembali,pihaknya juga sudah turun di beberapa titik diHalmahera untuk mencari tau potensi ini.

“Dalam pertemuan sebelumnya pihak keduatan Philipina merespon. Kalau kuotanya sudah memenuhi, rencananya sebelum bulan Juni sudah di lakukan expor kopra ke Filipina,” Tuturnya.

Dirinya berharap agar dikemudian hari masyarakat dapat merasakan kenyamanan dengan adanya kerjasama ini untuk dapat meningkatkan taraf hidup lebih baik. (IBON)

Bagikan :