FPD Kabupaten Banggai Gelar Rapat Penyusunan RKPD 2020

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Forum Perangkat Daerah (FPD) Kabupaten Banggai menggelar rapat penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun perencanaan 2020, disalah satu hotel di Kota Luwuk, Senin (04/03).

Rapat yang dibuka langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, ini mengangkat tema pembangunan manusia berkualitas dan peningkatan daya saing daerah.

Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, MM, saat membuka rapat mengungkapkan bahwasanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik berawal dari perencanaan yang baik dan berkualitas.

Lebih lanjut dikatakan, dalam menghasilkan perencanaan yang baik dan berkualitas ditempuh dengan langkah penyempurnaan mekanisme pada tahapan perencanaan. Untuk itu, keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam urusan subtansi permasalahan sangat dibutuhkan.

“FPD merupakan sarana sinkronisasi perumusan program kegiatan perangkat daerah dalam urusan daerah. FPD diselenggarakan dengan tujuan untuk penajaman usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan di tahun 2020
nanti,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa RKPD tahun 2020 yang merupakan perencanaan tahun ke empat menjadi sangat krusial dan strategis. Hal ini dikarenakan berkaitan erat dengan pencapaian Visi dan Misi pemerintahan pasangan Herwin Yatim-Mustar Labolo.

“Saya berharap rapat RKPD dapat menghasilkan usulan program yang bersumber dari APBD Kabupaten
Banggai,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Syamsul Bahri Mang mengatakan pihaknya berharap dengan adanya rapat RKPD komunikasi dapat terjalin lebih intensif dalam membahas penyusunan RKPD.

“Komunikasi yang intensif dalam menyusun RKPD dapat dituangkan dalam RKPD berdasarkan RPJMD yang diselaraskan dengan Visi dan Misi Pemkab Banggai,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, FPD merupakan wadah untuk menampung dan menjaring aspirasi masyakarat dan dunia usaha.

“Dalam upaya penyempurnaan penyusunan rencana kerja (Renja) perangkat daerah FPD digelar. Pelaksanaan FPD guna menampung dan menjaring aspirasi masyarakat dan dunia
usaha,” pungkasnya.(dewi)

Bagikan :