Dekranasda DKI Jakarta HUT ke 36 Dukungan Para Perajin di Ibukota.

mediapatriot.co.id – Memasuki usia ke-39 Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas), Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda DKI Jakarta hari ini menggelar perayaan hari jadinya yang memasuki usia 36 tahun sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas RI di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/03/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua Harian Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis dan Rusmiati Saefullah serta Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI, Sri Haryati.

Pada kesempatan itu, Fery berharap seluruh pengurus Dekranasda DKI Jakarta saling bekerja sama memberikan dukungan ke para perajin di Ibukota.

“Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di DKI Jakarta,” ujarnya di lokasi.

Menurut Fery, dalam HUT kali ini, pihaknya menyiapkan beragam kegiatan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi perajn di Ibukota. Termasuk juga mendorong keterlibatan masyarakat dalam mendukung seni kerajinan.

“Kegiatan kami sepanjang tahun ini mengadakan 11 kali pameran, 23 workshop dan pelatihan di bidang daya saing, manajemen usaha dan kreatif,” katanya.

Fery menambahkan, Dekranasda DKI Jakarta saat ini aktif membina 314 perajin yang mengembangkan beragam motif khas melalui seni kerajinan. Bahan dasar kerajinan yang digunakan cukup bervariatif mulai dari batu alam, keramik, serat alam, logam dan material alam asli lainnya.

“Melalui perajin, budaya Betawi dipertahankan lewat keterampilan yang kemudian diolah menjadi hasil karya seni,” ucapnya.

Sebagai mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakartadalam pembinaan dan pengembangan seni kerajinan, di usia baru ini kami semakin berkomitmen untuk membina perajin dan berjalan bersama melestarikan warisan budaya bangsa khususnya budaya Jakarta,” tutur Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati selepas momen perayaan.

Sementara itu, Ayi Fatmawati, salah satu perajin Jakarta dengan brand Artha Betawi Craft menyampaikan sangat terbantu dengan program-program pembinaan Dekranasda DKI Jakarta. Hal tersebut membuat produknya semakin berkembang dan mampu melakukan pemasaran dengan mudah.

Dekranasda DKI Jakarta aktif memfasilitasi kita untuk ikut serta dalam setiap kegiatan pameran,” tandasnya.

Acara dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari pengurus dan anggota, di antaranya peragaan busana oleh istri walikota dan bupati DKI Jakarta, bazar produk perajin dari 6 wilayah dan kabupaten DKI Jakarta, lomba pantun, hingga mini bazar produk unggulan di Ibu Kota.

Selain melalui kegiatan pameran, Dekranasda DKI Jakarta juga terus memaksimalkan pengelolaan sepuluh gerai yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta sebagai sarana pemasaran hasil karya perajin. Kesepuluh gerai tersebut berlokasi di Lantai 1 Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Blok G Balaikota DKI Jakarta, Gedung Mitra Praja, Lantai 1 Blok H-31 Pusat Perbelanjaan Thamrin City, Lantai 2 Mall Artha Gading, dan seluruh Kantor Walikota Administrasi DKI Jakarta.(Red) 

Bagikan :