Pemkot Bekasi Gandeng BJB Kejar Target PAD

Pemkot Bekasi Gandeng BJB Kejar Target PAD

KOTABEKASI – Guna mendukung Rencana Pembangunan Sarana Prasana Kota Berbasis Digital dan Peningkatan Pendapatan Daerah serta Rencana Pembangunan infrastruktur pelayanan kesehatan di Kota Bekasi, Tim dari Kantor Pusat Bank Jawa Barat pada hari Kamis (21/03), melakukan kunjungan ke Kantor Pemerintah Kota Bekasi untuk menyampaikan hal-hal mendukung rencana peningkatan PAD.

Setibanya Tim Kantor Pusat BJB, langsung diterima oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto diruang rapat Wakil Walikota. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian Kota Bekasi, Encu, Pemimpin Institusional Banking Kantor Pusat BJB, Isa Anwari, Pemimpin Teknologi Informasi Kantor Pusat BJB, Harmansyah, Kepala Cabang BJB Kota Bekasi, Imam WP Sumadhio dan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Bekasi menyatakan Pemerintah Kota Bekasi terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di berbagai sektor. Salah satunya adalah, dengan terus menggenjot pendapatan dari sektor pajak daerah.

Wakil Walikota juga mengatakan salah satu pajak yang dioptimalkan pihaknya yakni dari pendapatan pajak restoran dan hiburan. Di mana, dalam menunjang sektor tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersinergi dengan Bank BJB.

“Untuk mencapai pembangunan dan kesejahteraan, membutuhkan anggaran. Untuk itu kita terus genjot PAD agar pembangunan dapat berjalan, Pemerindtah Kota Bekasi dengan ini terus bersinergi dengan BJB,” kata Wakil Walikota Bekasi.

Wakil walikota mengungkapkan, Kota Bekasi optimis dalam meningkatkan target PAD, bahkan bisa melampaui target hingga dua kali lipat. Bahkan pada kedepannya Pemerintah Kota Bekasi juga akan menerapkan e- Tap yang merupakan aplikasi untuk mengontrol para WP yang ada di Kota Bekasi.

Untuk mencapai target PAD dari sektor pajak hotel dan restoran tersebut, ke depan rencananya akan ditambah pemasangan tapping box di setiap hotel, usaha-usaha parkir, restoran, tempat hiburan yang ada di Kota Bekasi.

“Kami sangat apresiasi didukung oleh Bank Jabar, ke depan tidak ada lagi pemilik restoran, hotel, usaha – usaha parkir, rumah makan maupun tempat hiburan yang melakukan kecurangan dalam pelaporan pajak yang didapat, dan ini dilakukan agar mencapai target. Dan kedepannya Pemerintah juga akan menerapkan aplikasi e-tap untuk mengontrol para WP yang ada di Kota Bekasi, nah dari aplikasi itu akan terlihat jujur tidaknya para WP dalam membayar pajaknya,” ujarnya.

Rencananya secara bertahap, pemkot akan menambah pemasangan unit tapping box di restoran yang ada di Kota Bekasi. Selain Pemerintah Kota Bekasi juga akan memperkuat regulasi melalui peraturan daerah.

Menurutnya, dengan adanya inovasi berbasis digital dalam hal penarikan PAD maka ini berdampak pada transparansi dan meminimalisir kebocoran pendapatan daerah.

Ditempat yang sama, Pemimpin Institusional Banking Kantor Pusat BJB, Isa Anwari mengatakan sesuai dengan misinya BJB terus mendukung program pemerintah daerah untuk secara terus menerus melakukan inovasi-inovasi dalam peningkatan pelayanan publik maupun menopang program- program pembangunan pemerintah daerah baik dari perekonomian dan percepatan infrastruktur.

” Di era digital, dengan peran teknologi, BJB sangat siap mendukung pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan modernisasi seperti financial teknologi. Tentunya kami terus memaksimalkan dalam peningkatan pelayanan publik berbasis digital, dengan ini segala layanan lebih cepat, mudah dan efisien. Selain itu kami juga sangatlah siap menopang program-program pembangunan pemerintah baik dari perekonomian dan percepatan infrastruktur,” jelasnya. (EZ/Humas)

Bagikan :