Bupati Banggai Lepas Pelayaran Perdana Kapal Perintis R-35 KM Sabuk Nusantara 59

Bagikan :

PAGIMANA, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, secara resmi melepas pelayaran perdana Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 59, Selasa (02/04), di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Kelurahan Pagimana, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai.

Pelepasan pelayaran perdana ini, Herwin didampingi Kepala Seksi Liner yang mewakili Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Usman; Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Ramdanu Dwiyantoro, SH, MH; Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Dadang Wijaya; Nahkoda Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 59, Capt. Djekson H. Sasia dan Camat Pagimana, Sutrisno Balahanti.

Dalam sambutannya, Herwin mengungkapkan peresmian pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara 59 di Pelabuhan Pagimana membuktikan janji Pemerintah untuk semakin mempermudah akses pelayanan terhadap masyarakat di bidang transportasi.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah berharap ada efek ekonomi bagi masyarakat dan pelaku usaha dalam mendistribusikan hasil usahanya dengan menggunakan kapal Tol Laut. Dimana beban pembiayaan akan semakin murah karena pengangkutan dengan kapal ini juga disubsidi oleh Pemerintah.

“KM Sabuk Nusantara 59 merupakan sarana transportasi Tol Laut guna mendukung keseimbangan harga untuk barang dan sembako yang didistribusikan ke masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Pemerintah berharap adanya tol laut ini bisa memberi efek ekonomi bagi masyarakat dan pelaku usaha,” ungkapnya.

Selain itu, Herwin juga menghimbau kepada Pemerintah Kecamatan Pagimana bisa mengawasi dan mengontrol kondisi dan situasi kapal Tol Laut.

“Kami menghimbau Pemerintah Kecamatan benar-benar mampu melakukan pengawasan dan mengontrol kondisi dan situasi kapal tol laut ini kedepannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Dadang Wijaya, mengatakan KM Sabuk Nusantara 59 telah tiba di Pangkalan Pelabuhan Pagimana pada 23 Maret 2019 lalu.

Ia menambahkan, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut, pada November 2018 lalu telah mempercayakan Pelabuhan Pagimana untuk melayani pelayaran KM Kendagha Nusantara 13 dengan rute Tilamuta – Parigi – Poso – Ampana – Bunta – Pagimana.

“Tujuan dibukanya Tol Laut di Kecamatan Pagimana tidak lain untuk peningkatan pelayanan dan mempermudah pengangkutan logistik dan hasil pertanian serta perkebunan agar mudah dipasarkan untuk ke daerah lain,” pungkasnya.

Sebelum melepas pelayaran perdana Kapal Perintis R-35 KM Sabuk Nusantara 59, Bupati Banggai dan rombongan melakukan peninjauan terhadap fasilitas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana dan peninjauan KM Sabuk Nusantara 59.

Usai peninjauan, dilaksanakan serah terima Loket Penjualan Tiket dan serah terima Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 59 serta pelepasan pelayaran Perdana Kapal Perintis R-35 KM Sabuk Nusantara 59.

Km. Sabuk Nusantara 59 akan melayani rute pelayaran dari Pagimana – Gorontalo – Pasokan – Wakai – Ampana – Una-Una – Parigi – Una-Una – Ampana – Wakai – Pasokan – Gorontalo – Pagimana – Gorontalo – Banggai – Bobong – Banggai – Gorontalo – Pagimana.(dewi/polres banggai)

Foto: Diskominfo Banggai

Bagikan :