Letkol Inf Choirul Anam : Antisipasi Longsor Susulan, Satgas Citarum Tanam 1000 Bibit Pohon Di Cirawa Dan Neglasari.

Bagikan :

Hujan yang terus menerus mengguyur hulu Citarum, mengakibatkan tanah dilahan kritis tergerus dan menutupi jalan setinggi 20 cm di Desa Cibeureum Kec Kertasari. Kamis (4/04).

” Longsor tadi malam menyebabkan Jalan tertutup dengan lumpur halus, dan ini sangat licin, sehari ini sudah 15 orang jatuh tergelincir”, Ujar Dansektor Pembibitan kepada Mediapatriot dilokasi kejadian.

Setelah semalam mengalami longsor, pagi harinya Letkol Choirul Anam memerintahkan Anggota satgas Citarum, untuk segera menanam pohon jenis kayu putih di lahan yang digunakan untuk menanam sayuran.

” Hari ini saya bersama satgas Citarum, langsung melakukan penanaman bibit pohon di dua lokasi, di lokasi penanaman pertama Medan nya sangat sulit, Satgas harus berjalan kaki sejauh 3 Km sambil membawa bibit pohon, sekarang penanaman kedua yaitu di Neglasari dan lahan milik warga, 1000 bibit kita tanam hari ini, sambil membersihkan lumpur dari jalan”, Ungkap Dansektor.

” Ini lumpurnya sangat halus, tingginya mencapai 15-20 Cm, kalau sudah begini kan warga yang melintasi jalan ini jadi kena dampaknya, nanti saya akan undang semua petani di Kp Neglasari ini, untuk diberi peringatan sekalian membuat surat pernyataan, saya harap semua mentaati aturan yang dibuat bersama”, Tegas Letkol Choirul Anam.

Masih menurut Dansektor Pembibitan ,” Lahan pertanian ini sangat miring, setelah hari ini kita tanah bibit pohon, besok akan saya tanam kembali bibit pohon ditambah vertiver, di sepanjang jalan yang rawan longsor”, Tambah Dansektor.

Salah satu pemilik lahan di lokasi kejadian, Dede Bima (63) mengatakan bahwa ada beberapa titik yang rawan longsor, seperti di Pasir Munding, Kancah Mangkub dan daerah disini, ” Sebelum ada satgas jalan disini apabila terjadi longsor bisa lebih tinggi dari hari ini, limpahan lumpur ini setiap tahun selalu terjadi”, Tutur Dede Bima.

” Saya menggarap lahan orang lain, hanya sebagai penyewa, tapi apa yang disarankan oleh Dansektor saya sangat mendukung, saya ikuti aturan yang ada, besok saya akan bantu satgas untuk menanam kembali bibit pohon dan vertiver”, Janji Dede.

” Kedepannya saya akan banyak lakukan komunikasi dengan Dansektor, saya secara pribadi siap menjadi bagian dari program yang digulirkan oleh Dansektor Pak Choirul Anam”, Pungkas Dede Bima.
(Rie).

Bagikan :