BUPATI SUKABUMI ” HARI SYUKURAN NELAYAN, AGAR LEBIH BERKAH JANGAN LUPA BAYAR ZAKATNYA”

Bagikan :

SUKABUMI -Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap tanggal 6 April merupakan wujud rasa syukur para nelayan atas Rezeki dari Pencipta melalui sumberdaya kelautan sekaligus momentum kebangkitan nelayan di NKRI.

Karena itu setiap tahun perayaannnya selalu disambut gegap gempita oleh segenap masyarakat nelayan, menjadi tradisi dan dayatarik wisata tersendiri, karena pada prakteknya perayaan syukuran nelayan selalu menampilkan seni dan budaya tradisional di dalamnya

Demikian juga Syukuran nelayan di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi selalu terselenggara dengan meriah dan menjadi magnet wisatawan domestik bahkan mancanegara, Sykuran Nelayan di Palabuhanratu ini disinyalir sebagai aktivitas tradisi yang menginspirasi ditetapkannya Hari Nelayan Nasional 58 tahun lalu.

” Saya mengucapkan terimaksih yang setinggi tingginya atas jerih payah dan pengorbanan saudara kita para nelayan dalam menjaga ketahanan nasional khususnya ketersediaan bahan pangan hasil laut” demikian dikatakan Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami di awal sambutannya saat menghadiri Puncak Acara Hari Nelayan Nasional Tingkat Kabupaten Sukabumi Ke-59 Tahun 2019 yang bertema ” Menjaga Nilai Tradisi dan Budaya, Memupuk Solidaritas, Menuju Sukabumi Lebih Baik” di Lapang Alun-alun Jl. Siliwangi Palabuhanratu.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai bentuk pelayanan dan upaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan, telah disampaikannya aspirasi masyarakat, Pemkab Sukabumi juga didukung oleh Pemprov Jabar ke Pemerintah pusat untuk dilakukan kajian ulang dan mendalam DED PPI Cisolok sampai Tuntas.

Bupati Sukabumi juga meminta nelayan untuk melengkapi dokumen Kapal, mengikuti aturan perundangan yang berlaku, mengutamakan keselamatan dilaut, menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan serta melengkapi persyaratan membuatan kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan sebagai identitas profesi pelaku usaha sehingga memudahkan perlindungan dan pemberdayaan bagi nelayan.

” banyak hal yang sarat nilai dalam penyelenggaraan hari Syukuran Nelayan diantaranya memanfaatkan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan dengan lebih arif dan bertanggungjawab untuk kelestarian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan” jelasnya.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak atas terselenggaranya Syukuran Nelayan di Palabuhanratu tahun 2019

” Saya mengingatkan kepada para nelayan untuk menyisihkan sebagian hasil tangkapan ikan untuk pembayaran zakatnya, supaya tangkapannya selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT” pungkasnya

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono,,Kadis Kelautan Prov. Jabar, Ketua HNSI, Anggota DPR RI Komisi X, Kadis Kelautan dan Perikanan Serta tamu undangan lainnya.

Wartawan : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Bagikan :