Dansektor Pembibitan Letkol Inf Choirul Anam, Lakukan Pemaparan Kepada Team Kementrian PUPR Dan BBWS.

Bagikan :

Kedatangan team dari Kementrian PUPR dan BBWS ke hulu DAS Citarum, disambut langsung oleh Dansektor Pembibitan Letkol Inf Choirul Anam di Poskoi pembibitan Desa Tarumajaya Kec Kertasari, Senin (8/04).

Rombongan PUPR yang dipandu oleh Joko Dwi Priyono dari BBWS, mengatakan bahwa maksud kedatangan dari Team PUPR adalah untuk mengambil dokumenter tentang kegiatan satgas Citarum,

” Terima kasih tim sudah diterima dengan baik, team ini nanti akan menyambangi satgas Citarum, tidak semua sektor yang akan dibuat dokumenter”, Ujar Joko Dwi.

Sebelum team diajak untuk melihat ke lapangan, Dansektor Pembibitan terlebih dahulu melakukan pemaparan sebelum, sedang proses dan sesudah, dari semua kegiatan satgas Citarum.

Dalam paparan nya, Dansektor menjelaskan pada awalnya 95% petani masih tergantung kepada petani kaya atau kapitalis.

” Para Kapitalis menyiapkan segalanya, tapi dibalik itu mereka juga mengeruk keuntungan yang lebih besar”, Jelas Dansektor.

” Setelah ditanya satu persatu warga yang menggarap lahan Perhutani, mereka semua tidak mempunyai surat apapun, jadi kami sebagai satgas, setiap hari disela sela kegiatan utam, selalu melakukan sosialisasi kepada petani penggarap”, Terang Letkol Choirul Anam.

Selama melakukan penataan lahan kritis, sektor pembibitan sudah menanam bibit pohon sebanyak 2.723.801 tersebar di beberapa petak.

” Hari ini kita masih ada waktu untuk menanam lagi, hari ini kita tanam 2000 bibit pohon berbagai jenis, dan melibatkan anggota satgas serta masyarakat”, Ungkap Dansektor.

Sementara itu pembagian ruang pada pemanfaatan kekayaan hutan dengan cara menggunakan pola Agroforestri yaitu sistem penggunaan lahan dengan mengkombinasi pepohonan dengan tanaman perkebunan atau pertanian, untuk meningkatkan keuntungan, baik ekonomi maupun ekologi.

Setelah mendapatkan paparan dari Dansektor, team PUPR selanjutnya melakukan pengambilan dokumenter di beberapa lahan, termasuk lahan persemaian kopi.

Setelah mengambil dokumenter, team dengan dipandu BBWS selanjutnya melakukan lawatan ke Pangauban di sektor 2 Kecamatan Pacet.
(Rie).

Bagikan :