Jaga Netralitas, Personil PAM TPS Dituntut Profesional Jalankan Tugas

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Perwira Pengamat Wilayah (Patmawil) Pemilu 2019 Kepolisian Derah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Kombes Pol Sigit Kosmar Djoko, menegaskan agar personil Pengamann (PAM) tempat pemungutan suara (TPS) menjaga netralitas dan profesional dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Hal ini diungkapkannya saat memberikan arahan pembekalan kepada personil yang terlibat PAM TPS Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 Kabupaten Banggai, Senin (15/04), di Aula Maleo Polres Banggai.

Dalam arahannya, Pamatwil menekankan agar para personil PAM TPS harus hadir tepat waktu, minimal 1 jam sebelum pencoblosan dimulai telah berada dilokasi. Serta mensterilkan TPS terlebih dulu, dan memastikan TPS dalam keadaan siap digunakan.

“Rangkul ketua RT, RW dn Linmasnya. Harus ingat batas waktu pendaftaran pencoblosan jam 13.00 Wita, bukan batas waktu pencoblosan. Antisipasucad orang yang datang pas jam 13.00 Wita. Pastikan bahwa tidak ada orang yang mau membuat keributan di TPS,” tegasnya.

Selain itu, Patmawil juga mengingat para personil PAM TPS agar tidak meninggalkan TPS sebelum tugas selesai.

“Personil PAM TPS jangan pernah meninggalkan TPs sebelum tugas selesai, karena ada sangsi yang akan diterima bila lalai dalam bertugas. Dan tak lupa untuk menjaga netralitas Polri,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Banggai, AKBP Moch. Sholeh, SIK, SH, MH, menambahkan para personil PAM TPS harus semangat dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh negara.

“Tugas PAM TPS merupakan tugas khusus yang diberikan negara kepada kita sebagai anggota polri,” tuturnya.

Kapolres menegaskan agar seluruh personil harus tahu lokasi TPS, Linmas dan KPPS masing-masing. Serta dalam menjalankan tugas pengamanannya harus berada jauh dari lokasi TPS sesuai radius yang sudah di tentukan.

“Karena Polri hanya sebagai anggota pengamanan bukan penyelenggara jadi tidak boleh berada didalam lokasi TPS, kecuali bila diintruksikan secara resmi oleh KPPS, ” urainya.

Kapolres juga berpesan agar personil PAM TPS bisa merangkul dan menghimbau earga agar menyalurkan hak pilihnya pada 17 april 219 di TPS, karena TNI-Polri menjamin Keamanan Hingga ke TPS.

“Jika menemukan permasalahan segera laporkan dengan secepatnya. Laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan profesional serta kita harus tetap netral. Tetap waspada dan jaga kondisi kesehatan, jangan buat permasalahan,” tutupnya.

Arahan pembekalan personil PAM TPS Polres Banggai turut dihadiri Wakapolres Banggai, Kompol Sapri Helmi, SIK; Kabag Ops Polres Banggai, Kompol Dj. Darise SH, MH; Kabag Ren Polres Banggai, AKP Jhose Lawani SH; Kabag Sumda Polres Banggai, Kompol Naima Akase SH, MH, para Kasat, perwira serta personil yang terlibat dalam pengamanan.(dewi)

Bagikan :