Peringati Hari Bumi LSM Dampal Jurig Jabar Bareng TNI Dan Penggiat Lingkungan Hijaukan Bukit Sabak.

Bagikan :

Memperingati hari bumi sedunia pada tanggal 22 April, LSM Dampal Jurig (Dampit Pecinta Alam Jurang Rimba dan Gunung) bersama TNI melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Suta, Bukit Sabak serta Hulu sungai Cimandiri. Minggu (21/04).

Selain Dampal Jurig Penanaman bersama dihadiri oleh Pasiter Kodim 0607 Kapten Arm Mahtom Tohari, juga turut hadir Kasie Kajian Lingkungan DLH Kab Sukabumi Ardiansyah, Muspika Kec Sukalarang, Para Kades SeKec Sukalarang, Pramuka Saka Wirakartika, Yayasan Cagar Alam Pojok Gunung Kekenceng serta Masyarakat penyelamat Hulu Sungai Cimandiri.

” Sangat penting menjaga alam dan lingkungan hidup, serta Bumi yang kita huni, karena ini akan diwariskan kepada generasi yang akan datang, saya berharap kita semua selalu menjaga persatuan dan kesatuan, sebagai anak negri hormatilah jasa para pejuang,” Demikian disampaikan Pasiter Kodim 0607 Kapten Arm Mahtom Tohari dalam sambutannya mewakili Dandim 0607 yang sedang mendampingi kunjungan Pangdam III/Siliwangi ke Sukabumi.

Sementara Kasie Kajian Lingkungan DLH Kab Sukabumi Ardiansyah menyampaikan respon positifnya kepada kegiatan penanaman pohon,” Ini adalah bagian dari senergitas Pemerintah, TNI dan para penggiat lingkungan dalam upaya pelestarian alam untuk menyelamatkan lingkungan hidup, kami mewakili Pemerintah Kab Sukabumi sangat merespon dengan baik, semoga kedepannya tidak ada lagi lahan kritis di Kab Sukabumi, semua sudah hijau.” Ujar Andriansyah.

Menurut Irvan Aziz ketua LSM Dampal Jurig mengatakan bahwa penanaman di lahan Perhutani yang luasnya 20 hektar ini dilakukan secara bertahap, jumlah pohon yang sudah ditanam sebanyak 10 rb dengan jenis Pohon Katapang, Trembesi Kencana, Mahoni, Jabon, Manglid, Bambu dan Buah buahan.

” Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap alam serta lingkungan hidup, seperti amanat Bupati Sukabumi Drs Marwan Hamami agar kita selalu bijak dengan alam, ulah saling salahkeun tapi saling benerkeun, ngabdi kabumi sanes kuwaos namung kubuktos,” Ungkap Irvan Aziz.

” Saya selaku ketua LSM Dampal Jurig mengajak semua pihak untuk selalu peduli terhadap Bumi, dan alam, serta berupaya untuk melakukan penyelamatan lingkungan, meski memulainya dari hal yang paling kecil.” Katanya.

” Insha Allah di tempat yang sama LSM Dampal Jurig Jabar akan melakukan penanama kembali dalam rangka hari Lingkungan Hidup dan bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi,” Imbuh Irvan.

” Ini kawasan DAS yang mengairi 4 Kecamatan di Kab Sukabumi yaitu Kec Sukalarang, Cireunghas, Kebon Pedes dan Gegerbitung yang langsung bermuara ke Pelabuhan Ratu, ini pencegahan dini untuk mengantisipasi banjir dan kekeringan apabila musim kemarau,”.

Masih menurut Irvan,” Kita semua harus melakukan antisipasi akan bahaya bencana alam yang bisa saja datang dengan tiba tiba, di hari Bumi ini mari kita semua meningkatkan kembali kepeduliannya terhadap alam,” Beber Irvan sambil menyampaikan bahwa LSM Dampal Jurig masuk sebagai nominator penerima Kalpataru bidang penyelamatan Lingkungan Hidup tingkat Nasional.

Sebelum melakukan Penanaman, acara dimulai dengan penyerahan bibit pohon di Desa Priangan Jaya Kec Sukalarang.
(Rie).

Bagikan :