Letkol Inf Choirul Anam Manfaatkan 27 Hektar Lahan Kritis Jadi Sentra Buah Buahan Di Hulu DAS Citarum.

Bagikan :

Satgas Citarum manfaatkan lahan kritis seluas 27 Ha untuk pemberdayaan masyarakat berbasis sentra pertanian buah buahan, di Blok Astana Petak 60 Kampung Plered Desa Cikembang Kec Kertasari.

Hal itu ditandai dengan ditanaminya 3000 bibit pohon buah buahan jenis Alpukat mentega, Jambu kristal dan Jeruk Dekopon, di lahan yang rawan mengalami erosi pada setiap musim hujan.

” Selain menanam kopi, kami juga memanfaatkan lahan kritis di petak 60 seluas 27 Ha untuk ditanami buah buahan, hari ini satgas menanam sekitar 3000 bibit di blok Astana,” Demikian disampaikan Dansektor Pembibitan Letkol Inf Choirul Anam dilokasi penanaman. Kamis (25/04).

” Blok Astana ini salah satu lahan yang rawan erosi, dulu ditanami kentang dan kol sama warga, sekarang kita tanami buah buahan, kedepannya bisa jadi kawasan wisata buah, kita selalu upayakan semua lahan bisa kali hijau, warga semakin sejahtera,” Ujar Dansektor Pembibitan.

Masih menurut Letkol Choirul Anam,” dengan ditanami pohon buah, lahan ini bisa menahan erosi dan manfaatnya juga bisa lebih produktif, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya kelompok tani,” Ungkapnya.

Ditanamnya jeruk jenis Dekopon menurut Reza Nugraha dari Dewan Pemerhati Kehutanan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) sangat baik,” Jeruk jenis ini berbuah sepanjang musim, satu kali musim bisa menghasilkan 20-25 kg,” Terangnya.

Kegiatan penanaman bibit pohon buah di Blok Astana Petak 60, selain dihadiri langsung oleh Dansektor Pembibitan dan satgas Citarum, juga dihadiri oleh komunitas DPKLTS juga masyarakat setempat.
(Rie).

Bagikan :