Hari Pendidikan, Lanud Soewondo Gelar Archery Indoor Tournament 2019 .

Bagikan :

Editor: Leodepari

Sumatera Utara |

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019, Lanud Soewondo menggelar kegiatan Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019 bertempat di gedung Andromeda eks bandara Polonia yang dihadiri oleh para pejabat dan personel Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III dan Yonko 469 Paskhas, Pengurus Perpani Medan beserta para atlet panahan, Kamis (2/5/2019).

 

Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey pada kesempatan tersebut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadispers Letkol Adm Mula Efendi Gultom, SP menyampaikan bahwa kejuaraan Panahan bertujuan sebagai salah satu ajang untuk memupuk tali silaturahmi dan peningkatan prestasi atlet panahan bagi kalangan kategori usia dini dan pelajar khususnya yang ada di wilayah Medan. Melalui olahraga kita juga diajarkan untuk bersikap sportif, jujur dan bertanggung jawab. kejuaraan ini merupakan kegiatan yang positif, sebagai wahana dan sarana untuk mengembangkan diri kedepan guna meraih prestasi yang lebih baik.

Selanjutnya Danlanud menyampaikan bahwa olah raga panahan yang menurut sejarahnya, pada awalnya digunakan untuk berburu, dan terus berkembang menjadi senjata bala tentara dan kini sudah menjadi cabang olah raga yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Olah raga panahan juga banyak dipertandingkan dalam even-even olah raga, baik lokal, nasional juga di skala internasional. Olah raga memanah juga banyak memberikan manfaat bagi atletnya, selain untuk kesehatan yakni, meningkatkan fokus dan konsentrasi, membangun kesabaran, membangun kepercayaan diri, menajamkan kemampuan sosial, meningkatkan kecerdasan dan lain sebagainya yang sangat baik jika ditanamkan bagi generasi sejak usia dini.

“Kita berharap melalui even ini dapat menjaring bibit-bibit atlet usia dini yang nantinya akan dapat mengikuti pelatda untuk PON 2024 Aceh-Sumut yang akan datang, untuk itu, sedapat mungkin untuk terus kita bina dan kita kembangkan kemampuan mereka. Harapannya supaya cabang olahraga panahan kedepan bisa lebih cemerlang dalam menggapai prestasi, yang pastinya akan dapat mengharumkan nama provinsi Sumatera Utara khususnya kota Medan diajang yang lebih besar,” Kata Danlanud.

Acara dilanjutkan dengan panahan oleh Kadispers sebagai tanda dimulainya kejuaraan Panahan, dan panahan eksekutif yang diikuti oleh para pejabat Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III dan Yonko 469 Paskhas. Tampil sebagai juara panahan eksekutif yaitu Kadisops Letkol Pom Nicolas Sinaga sebagai juara I dengan nilai 32, disusul Kadispers di posisi II dengan nilai 31 dan Kapten Sibarani di peringkat III dengan nilai 31.

Kejuaraan Panahan Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019 ini diikuti sebanyak 58 atlet kategori SD, SMP dan SMA dari club-cub Panahan yakni SAC Lanud Soewondo, Yellow Archery, Ulul Ilmi Archery, Lunar Archery, Harapan 3 Archery, Bagi Berkah Archery, BAC 05, Alfitian Archery dan Big FAM yang berasal dari Medan, Deli Serdang dan Tebing Tinggi.

Setelah melalui persaingan yang cukup sengit dari para atlet-atlet panahan melesatkan busur/anak panahnya pada target face untuk meraih nilai terbaik, maka yang berhasil mencatatkan diri menjadi juara I pada even Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019 ini dari masing-masing kategori yaitu: untuk SD Junior Putra diraih oleh Meprik, SD Putra oleh M. Bening Firman, SD Putri diraih oleh Syakira. Untuk kategori SMP Putra dirah oleh Ghasan Dhani dan SMP Putri diraih oleh Nayla. Untuk kategori SMA putra diraih oleh Dzaki Dhawi, sedangkan untuk putri diraih oleh Tirta Arum. Salanjutnya, Danlanud Soewondo yang diwakili oleh Kadispers menyerahkan Medali, sertifikat dan uang pembinaan kepada paserta yang berhasil menjadi juara pada Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019 dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019.

 

Bagikan :