by

Dewan Pertimbangan Kalpataru Kementrian LHK Sambangi Sekretariat LSM Dampal Jurig Terkait Verifikasi Dan Validasi.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Dewan Pertimbangan Kalpataru, sambangi sekretariat Cabang LSM Dampal Jurig Jabar Jalan Jampang Kulon Kab Sukabumi. Jum’at (3/05).

Kedatangan tim Dewan Pertimbangan Kalpataru Dipimpin oleh Prof Dr Ir Tarsoen Waryono untuk melakukan Verifikasi dan Validasi data dan administrasi LSM Dampal Jurig yang masuk menjadi Nominator peraih Kalpataru 2019 Bidang Penyelamatan Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Prof Tarsoen Waryono berharap apa yang sudah dilakukan oleh LSM Dampal Jurig selama ini harus terus memperjuangkan penyelamatan Lingkungan Hidup.

” Jangan karena ada kegiatan verifikasi dan Validasi, serta akan mendapatkan Kalpataru saja, semua harus semangat merawat Bumi yang akan diwariskan kepada anak cucu kita,” Ujar ketua rombongan.

Prof Tarsoen juga menyarankan supaya LSM Dampal Jurig Jabar mempunyai Wira usaha untuk memberdayakan anggota untuk menunjang kegiatan, ” Insha Allah saya akan bantu untuk programnya, sebagai mitra strategis dalam penyelamatan lingkungan hidup,” Ungkap Prof Tarsoen.

Masih menurut tim Dewan Pertimbangan,” Nominasi Kalpataru ini sangat mahal harganya, ini hasil dari seleksi ribuan dari calon penerima yang diajukan oleh Kota dan Kab seluruh Indonesia, dan LSM Dampal Jurig ini merupakan satu satunya wakil dari Jawa Barat,” Tuturnya.

” Para nominator ini nanti akan diundang ke Jakarta pada saat hari lingkungan hidup sedunia pada Bulan Juni, untuk menerima penghargaan dari kementrian LHK yang diberikan langsung oleh Presiden RI,” Terang Prof Tarsoen.

Dalam melakukan Verifikasi dan Validasi, tim pertama kali berkunjung ke Sekretariat untuk melakukan verifikasi administrasi dan dialog interaktif dengan Pengurus serta anggota Dampal Jurig, terkait dari rencana aksi selama ini yang sudah dilakukan oleh pengurus dan anggota Dampal Jurig.

Selanjutnya tim Dewan Pertimbangan Kalpataru diajak untuk melihat lokasi dan melakukan penanaman bibit pohon di Hutan Lindung Pasir Piring Waluran.

Pada saat berada di Pasir Piring, selain melakukan penanaman, juga didaulat untuk melepaskan hewan kancil, satwa khas di hutan lindung pasir piring, hasil penyelamatan dari pemburu liar.

Setelah itu tim verifikasi beserta rombongan mengunjungi Kampung Hanjeli untuk menemui beberapa kelompok masyarakat yang selama ini dibina oleh Dampal Jurig dalam bidang UMKM, juga melakukan penanaman 250 pohon buah buahan di Situ Endah Kec Waluran.

Dalam kunjungannya, tim Beserta rombongan melihat langsung Sempadan Pantai Palampang Geopark Ciletuh Kec Ciemas, juga melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan Puncak Darma, Curug Sodong dan Cimarinjung.

Diakhir kunjungan, tim Verifikasi diterima di Pendopo Kabupaten Sukabumi, rombongan diterima oleh Assda 1 mewakili Bupati Sukabumi yang berhalangan hadir dikarenakan ada agenda Saba Desa, serta didampingi oleh Sekdis dan Kabid DLH Kab Sukabumi.

Irvan Azis sebagai ketua LSM Dampal Jurig Jabar mengucapkan Terima kasihnya kepada tim Dewan Pertimbangan Kalpataru,” Alhamdulillah semua agenda untuk Verifikasi dan Validasi sudah selesai dilakukan, sebuah anugrah besar bagi kami bisa menjadi nominator penerima Kalpataru,”.

” Tujuan kami adalah bagaimana kita semua bisa menyelamatkan lingkungan hidup, melakukan edukasi kepada warga dan generasi muda untuk terus dan selalu melakukan sedekah alam dengan cara menanam pohon,” Ucap Irvan Azis.

Selain ramah tamah, ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis berkenan memberikan cenderamata, hasil dari kreativitas anggota kepada Kementrian LHK melalui Tim Dewan Pertimbangan Kalpataru yang diterima oleh Prof Tarsoen dan kepada Bupati Sukabumi yang diwakili oleh Assda 1.
(Rie).

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed