Sambut Ramadhan 1440 H, Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS Gelar Pesantren Kilat Di Perbatasan.

Bagikan :

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Satgas Yonif R 301/PKS menggelar Pesantren Kilat untuk membentuk karakter Islami sejak dini, di Mesjid At Taqwa Desa Senaning.

Kegiatan Pesantren kilat ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 6-8 Mei 2019, diikuti oleh 60 orang santri.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memberikan pemahaman dasar agama kepada para remaja, yang selanjutnya dikembangkan serta dapat dijadikan pedoman hidup dalam pergaulan sehari hari.

Remaja harusnya menjadi kader-kader penerus bangsa, saat ini perilaku mereka cenderung merosot, di usia dini sangat rentan dengan perilaku negatif.

” Dalam Bulan Suci Ramadhan inilah, satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS menggelar kegiatan pesantren kilat, untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja yang berada di perbatasan,” Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Letnal Kolonel Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kab Kapuas Hulu, Selasa Sore (7/04).

” Pesantren Kilat adalah Pesantren yang diadakan dalam waktu singkat pada Bulan Ramadhan, dan merupakan suatu kegiatan yang positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada anak-anak usia dini.” Tambah Dansatgas Pamtas.

Santri-santri yang mengikuti kegiatan ini merupakan warga dari Desa Senaning dan desa Nanga Bayan,” Pesantren Kilat yang dilaksanakan ini sebagai bentuk kepedulian Pos Pamtas terhadap masyarakat sekitar, sehingga dengan diadakannya kegiatan seperti ini, maka remaja yang berada di wilayah Desa binaan dapat lebih mengerti tentang arti kehidupan remaja yang baik dan benar.” Ungkap Letkol Inf Andi Hasbullah.

“Pesantren Kilat ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja tentang pemahaman agama Islam, agar mereka mengisi waktu puasa dengan kegiatan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif Raider 301/Pks.

Danpos Nanga Bayan Lettu Arh Retno menambahkan,” materi-materi pembekalan yang diberikannya kepada para santri tak berbeda dengan materi-materi yang ada di pesantren pada umumnya,”.

” Sebagai dasar kita mengajarkan tentang akhlak dan budi pekerti, menghafal rukun iman dan rukun islam, dan juga kita mengajarkan kepada mereka tentang arti dari cinta tanah air dan terakhir yaitu agama untuk menjaga kita semua dari perbuatan hina serta materi religius lainnya”. Bebernya.

Salah satu orang tua santri mengatakan bahwa dirinya sangat senang sekali dan berterima kasih kepada Satgas Yonif 301/PKS atas kegiatan yang sudah diadakan di Bulan suci Ramadhan ini.

” Warga sangat antusias terhadap kegiatan Pesantren Kilat ini, anak-anak semangat dikarenakan banyak juga dari mereka yang bercita-cita ingin menjadi OM TNI”, Ucap Tina.
(Rie-Pendam Siliwangi)

Bagikan :