Road Show Safari Ramadhan, Bupati Banggai Tegaskan ASN Dilarang Pungli

Bagikan :

HUNDUHON, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Road show tim Safari Ramadhan 1440 H, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, dipimpin Bupati Banggai, DR (Cand) H. Herwin Yatim, MM, mengunjungi Mesjid Nurul Jamaah, Desa Hunduhon, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, Rabu (08/05), dengan menghadirkan Asri Abasa, S.Ag, sebagai penceramah.

Dalam road show, tim Safari Ramadhan Pemkab Banggai memiliki agenda khusus, yakni menyerahkan bantuan kepada Imam dan pengurus mesjid Nurul Jamaah. Bantuan diserahkan Bupati sebelum menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan bahwa Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa.

“Alhamdulillah pada malam hari ini kita telah memasuki malam ke 4 di Bulan Suci Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan karena merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan,” ungkapnya.

Selain itu, dihadapan para jamaah tarawih, Bupati memaparkan tentang fungsi-fungsi pemerintahaan diwilayah kecamatan, yang mempunyai peran penting untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang Pungli.
Kalau ada ASN dikecamatan, baik staf pelayanan dikecamatan, kelurahan, desa Bidan, Guru, dan lainnya masih berani memunggut biaya kepada masyarakat segera laporkan. Karena pungli merupakan kategori melangar aturan. Sanksinya sangat tegas. Dan saya sering melakukan pengecekan dilapangan, tegasnya.

Terkait masalah kesehatan Bupati menegaskan bahwa pelayanan kesehatan harus gratis. Karena pemkab telah mengalokasikan angaran sebesar 40 milyar lebih yang merupakan jaminan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Banggai.

“Kalau ada puskesmas yang masih suruh bayar membayar, lapor kepada Saya atau kadis kesehatan. kita akan melakukan evalusi disiplin kepada yg bersangkutan. Karena APBD sudah menanggung jaminan kesehatan masyarakat Kabupaten Banggai,” tegasnya lagi.

Sementara itu, hal yang sama juga berlaku untuk biaya pendidikan, Kecuali pendidikan SMA/SMK, karena kewenangannya ditarik dari pemda ke Pemerintah Provinsi.

“Biaya pendidikan SD dan SMP gratis. Insha Allah pada tahun 2020 sebisa mungkin pemerintah daerah akan mengintervensi berupa bantuan baju sekolah, sepatu sekolah, dan tas sekolah, buat siswa/siswi. Program-program kedepannya Insha Allah program yang lebih pro untuk mensejahterakan rakyat serta menuntaskan dan menurunkan angka kemiskinan,” paparnya.

Bupati menegaskan semua program tersebut merupakan suatu komitmen pada masa pemerintahannya.

“Kita harus tuntaskan sesuai visi misi Kabupaten Banggai. Sehingga apa yang kita cita-citakan bersama akan lebih baik kedepannya. Saya juga berharap bisa terus meningkatkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Petani jadilah petani yang baik, Nelayan jadilah nelayan yang baik. Mohon maaf lahir dan bathin,” tutupnya.

Road show Safari Ramadhan Pemkab Banggai turut dihadiri Pimpinan OPD Banggai, Ketua PHBI banggai, Camat Luwuk Timur, Kepala Desa, Ketua PMI, Pimpinan Bank Syariah Mandiri, Kepala UPT Samsat Banggai, Pimpinan Bank Muamalat, tokoh masyarakat dan jamaah mesjid.(dewi)

Bagikan :