Dansektor 8 Tindak Lanjuti Pembenahan DAS Dan Sedimentasi Sampah Citarum Dimulai Dari Kampung Ciharum.

Bagikan :

Dansektor 8 Kol Inf Belyuni Herliansyah kerahkan empat (4) Alat berat sekaligus untuk membenahi Oxbow Cicukang dari tumpukan puluhan ton sampah. Jum’at (10/05).

Dimulai dari pengerukan bantaran di Kp Ciharum, yang tanahnya digunakan untuk menambah ketinggian lahan seluas 4000 M2 yang akan dibangun TPS3R.

” Hari ini kita mulai menindak lanjuti pembenahan sungai Citarum, kegiatan diawali dari Kampung Ciharum dengan menambah ketinggian sekitar 1 meter, untuk lahan seluas 4000 M2, yang nantinya akan dibangunkan TPS3R,” Ujar Kol Inf Belyuni H yang didampingi staf posko utama Serda Sajidin dan Serka Chandra Irawan.

” setelah menambah ketinggian lahan ini selesai, bantaran yang dikeruk akan diisi sedimentasi sampah dari Citarum, supaya tidak longsor kami akan langsung tanam vertiver untuk menguatkan bantaran,” Ungkap Dansektor 8.

” Selanjutnya alat berat akan dikonsentrasikan di kali mati Citarum (Oxbow) Cicukang, membersihkan sampah yang sudah menumpuk di kali mati,” beber Dansektor 8.

Masih menurut Kol Inf Belyuni,” Nanti lokasi ini akan menjadi tempat yang bisa dinikmati warga, akan dibuatkan ZEPS ( Zona Edukasi Pemilahan Sampah ), serta akan ditata sedemikian rupa,” Jelasnya.

Hadir dalam pembenahan bantaran dan lahan untuk TPS3R selain ketua TPST Mekar Mukti Ghyna Ginanjar, juga wakil dari IKA 71 ITB, dan warga yang sekitar.

Menurut Ghyna Ginanjar bahwa ditinggikannya lahan untuk TPS3R tersebut, untuk menghindari dari kemungkinan adanya limpahan air sungai Citarum.
(Rie).

Bagikan :