RAMADHAN, BAREKSA & TOKOPEDIA PERMUDAH MASYARAKAT INVESTASI REKSA DANA” MANDIRI PASAR UANG SYARIAH EKSTRA”.

Bagikan :

Peluncuran dan Konferensi pers, Kamis (9/5/2019), Theater Tokopedia, Tokopedia Tower Ciputra world 2, jalan Prof.Dr.Satrio kav.11 Jakarta Selatan, Pukul 16.30 wib.

Dalam rangka terus memperluas edukasi dan distribusi Reksadana di Indonesia melalui teknologi internet, Marketplace Finansial Bareksa bekerjasama dengan Tokopedia akan meluncurkan produk investasi reksa dana Syariah dari Mandiri Manajemen Pasar Uang Syariah Ekstra di platform Tokopedia.
Reksa dana pasar uang syariah melengkapi produk reksa dana konvensional sebelumnya yang bisa dibeli hanya dengan Rp.10.000 lewat Tokopedia.
Tokopedia bekerjasama dengan Marketplace Finansial yang juga merupakan terdepan di Indonesia, Bareksa meluncurkan produk Reksadana Syariah, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra yang dikelola oleh Mandiri Manejemen Investasi( MMI).

Berdasarkan data Bareksa pada Februari 2019, industri reksa dana syariah mencatatkan dana kelolaan (AUM)Rp.36.83 triliun atau meningkat 21,63% dibandingkan Februari 2018 yang mencapai Rp.30,28 triliun. Namun bila dibandingkan industri secara keseluruhan, reksa dana syariah baru berkontribusi 7,07% dari industri reksa dana Indonesia dengan jumlah reksa dana sebanyak 134 produk.

Padahal menurut data Bank Dunia sekitar 226,2 juta jiwa atau 87% dari 260 juta populasi di Indonesia memeluk agama Islam. Akan tetapi, nilai dana kelolaan reksa dana syariah di Indonesia yang setara US$ 2 miliar hanya menempati urutan ketiga dunia, jauh dibawah Malaysia yang memiliki AUM US$ 28,4 miliar pada 2017 sementara penduduknya hanya 31 juta jiwa. Posisi pertama diduduki Arab Saudi, menurut data riset Cerulli Associates.

Tokopedia Reksa dana syariah adalah layanan terbaru Tokopedia yang memungkinkan masyarakat Indonesia berinvestasi Reksa Dana Syariah mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dengan lebih muda, aman dan murah serta mendorong terciptanya inklusi keuangan Indonesia.

Nuraini Razak VP of Corporate Comunication Tokopedia menerangkan, Tokopedia Reksa dana syariah diharapkan mampu mendorong semangat berinvestasi masyarakat Indonesia melalui berbagai nilai tambah, antara lain: lebih mudah masyarakat bisa berinvestasi Reksa Dana lewat telpon genggam mereka, selain itu lebih aman karena reksa dana diawasi oleh OJK dan juga DPS (Dewan Pengawas Syariah). Pencairannya pun dapat langsung diterima investor pada hari transaksi dan untuk berinvestasi lewat Tokopedia Reksa dana syariah, masyarakat bisa memulainya hanya dengan Rp.10.000-.

Founder/CEO Bareksa, Katanya Dharmasaputra sendiri menjelaskan bahwa Bareksa mencatat nilai dana kelolaan reksa dana syariah di platform inventasi online telah mencapai 13% dari total AUM Bareksa, melihat peluncuran Tokopedia Reksa dana syariah ini akan segera signifikan meningkatkan jumlah nasabah dan dana kelolaan reksa dana syariah, bukan cuman diBareksa tapi juga di industri reksa dana secara keseluruhan.

Direktur Mandiri Manajemen investasi Endang Astharanti memandang produk reksa dana syariah memberikan nilai tambah yang cukup baik bagi investor. Rata-rata kinerja reksa dana pasar uang syariah yang dikelola Mandiri Manajemen investasi lebih menarik dengan imbal hasil dari tabungan atau rata rata deposito perbankan dengan kinerja historis 1 tahun di atas 5%. Selain itu juga affordable( terjangkau) dan likuid karena tidak ada lock-out period seperti deposito. Jadi bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan, kata Asti.

Otorita Jasa Keuangan(OJK) mendukung peluncuran produk reksa dana syariah ini yang diharapkan dapat mendorong industri Pasar modal Syariah secara umum.OJK juga menekankan bahwa penerbitan produk dan pengembangan channel pemasaran harus dibarengi sisi edukasi bagi para investor dan calon investor.

Reksa dana Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra bisa dibeli di Tokopedia dengan modal sangat terjangkau, hanya Rp.10.000. Pembayaran untuk transaksi reksa dana juga kini sangat mudah karena tersedia berbagai pilihan, mulai transfer Bank, hingga menggunakan OVO Cash.(Ine)

Bagikan :