TUMPAHAN BATU BARA KOTORI TELUK PALBUHANRATU

Bagikan :

SUKABUMI – Bongkahan Batu Bara dari Tongkang yang karam akibat tabrakan antar tongkang. Materialnya nyebur ke laut sekitar teluk Palabihananratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Puluhan Tongkang pengangkut Batu Bara, yang memasok kebutuhan PLTU – 2 Jabar Selatan, di Kampung Cipatuguran Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dua diantaranya mengalami insiden tabrakan, di sekitar zone bongkar mauat zetty PLTU. Akibat dari tabrakan tersebut, satu tongkang batu bara mengalami kerusakan dan setengah bagian badannya karam ke laut. Bongkahan batu bara nyemplung ke laut sekitar teluk Palabuhanratu dan mengotori kawasan Pantai Batu Bentang, Cipatuguran kelurahan/Kecamatan palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Menurut Ketua. Rukun warga (RW) 21, Ujang Sudira, menyebutkan. Kejadian tabrakan tongkan yang terjadi Minggu(5/5),sampai saat ini belum ada penanganan yang optimal. Dimana bongkahan batu bara dari Tongkang batu bara yang karam, terbawa ombak dan mengotori perairan sepanjang pantai Cipatuguran. ” Hal ini berdampak juga tethadap aktivitas warga yang mayorotas sebagai nelayan dan menggantungkan mata pencahariannya terhadap normalisasi laut di sekitarnya”, ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, bongkahan batu bara tersebut, merubah warna air laut di sekitarnya menjadi hitam pekat dan bongkahan batu baru menyebar luas ke pinggir pantai di kawasan Tempat penambatan perahu kelompok nelayan Cipatuguran Kejadian bukan pertama terjadi, kejadian serupa, bahkan tongkang terdampar dan terbakar, kerap juga terjadi. Namun penanganannya selalu tidak memuaskan warga, dalam setiap progres penanganannya.

Wartawan : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Bagikan :