Dansektor 8 : Target Pertama Revitalisasi Kalimati Cicukang Yang Sudah Tertimbun Ratusan Ton Sampah.

Pembenahan kali mati (Oxbow) Citarum sepanjang 700 meter yang berada di Desa Mekarrahayu Kec Margaasih, yang sudah akut karena timbunan sampah, sudah mulai dilakukan satgas Citarum Sektor 8. Sabtu (11/05).

Sampah rumah tangga yang menumpuk di bantaran dan sudah menutupi Oxbow ini diperkirakan melebihi 200 ton, perlahan lahan mulai diangkut dengan menggunakan 4 dumtruk untuk dimusnahkan.

Sebelum melakukan pengerukan, Dansektor 8 melakukan briefing dengan satgas dan operator alat berat, untuk melakukan pembagian tugas.

” Untuk mengangkat sampah yang sudah menutupi permukaan Oxbow ini, kita menggunakan 4 dumtruk dan 1 ampibi untuk sementara, besok akan ditambah 1 ampibi lagi untuk turun ke Oxbow.” Ujar Dansektor 8 di lokasi pengerukan.

” Kalau tidak kita kerjakan untuk memusnahkan sampah ini, lantas oleh siapa ? Memusnahkan sampah di DAS Citarum itu merupakan salah satu tugas dari satgas,” Tegas Kol Inf Belyuni H.

Ditambahkan Dansektor 8, ” Target kami untuk mengangkat semua sampah dari bantaran dan kali mati Cicukang sekitar 3 Minggu, sementara untuk penataannya akan lebih lama, karena tempat ini nanti akan dijadikan sebagai Zona Edukasi Pemilahan Sampah (ZEPS),” Ungkapnya.

Selain dijadikan Zona Edukasi, lahan disekitar Kalimati juga akan ditanami pohon beringin, serta memperbanyak pohon trembesi karena pohon ini bisa mengolah oksigen dengan baik.

Masih menurut Kol Inf Belyuni, ” selain pohon beringin dan trembesi, nanti akan ditanami juga berbagai jenis bambu, terutama bambu hitam yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk warga sekitar,” Pungkasnya.
(Rie).

Bagikan :