Satgas Citarum Sektor 1 Rawat 7 Mata Air Di Situ Cisanti Agar Tetap Terjaga Kelestariannya.

Bagikan :

Menjaga mata air yang mengalir di Situ Cisanti kerap dilakukan satgas sektor 1, tidak hanya siang hari malam pun tetap melakukan patroli guna menjamin mata air terjaga dengan baik.

Ketujuh mata air yang mengalir langsung ke Situ Cisanti diantaranya Mata Air Pangsiraman, Cikahuripan, Cikawedukan/Cipaedah, Cihaniwung, Cisadane, Cikole beres Dan Mata Air Cisanti.

Disampaikan Sertu Karnita bahwa dalam beberapa kesempatan, Dansektor 1 Kol Inf Inget Barus selalu mengamanatkan kepada satgas sektor 1 untuk terus melakukan patroli.

” Dansektor 1 selalu mengingatkan kami semua, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan sumber air, salah satunya adalah melakukan penanaman di sekitar mata air,” Ujar Sertu Karnita. Rabu (15/05).

” Setiap hari baik siang maupun malam kami selalu melakukan patroli, menjaga Situ Cisanti dari para pemancing liar,” Tambahnya.

Masih menurut Sertu Karnita,” keberadaan pohon di kawasan Cisanti sangat penting, karena bisa menjadi penyanggah tanah dan menyimpan resapan air, karena itu akan melindungi sumber mata air secara berkelanjutan,” Jelas Sertu Sarnita.

” Sampai dengan hari ini kami sudah menanam 5000 pohon keras berbagai jenis, diantaranya Mahoni, Damar, alpukat, jambu, kopi, mangga dan banyak lagi lainnya,” Beber Sertu Karnita.

Situ Cisanti mempunyai luas sekitar 5 Ha dan berada dilahan seluas 10 Ha dikawasan Perhutani kali Gunung Wayang dengan ketinggian antara 1500 sampai 3000 dpl, dengan kedalaman air kira kira 2.5 meter.
(Rie).

Bagikan :