ASESMEN DARING, MANFAAT DAN CARA GUNA # SESI BERBAGI ACER INDONESIA

Bagikan :

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kehidupan sehari hari, serta sistem pendidikan saat ini semakin meningkat. Bentuk Asesmen pun mengalami transisi menuju bentuk Asesmen Daring, yang mana akan menjadi praktik standar penilaian pendidikan dimasa depan , baik dalam skala besar maupun dalam ruang kelas sehari hari.

Australia Council for Educational Research (ACER) Indonesia kembali’ menghadirkan Sesi Berbagi 6 kali ini akan mengangkat tema “Asesmen Daring Manfaat dan Cara Guna”.

Dalam Sesi ini, ACER Indonesia menghadirkan para praktisi dan pakar pendidikan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai Asesmen daring dan praktik baik yang telah dilakukan.
ACER Indonesia sebagai penyelenggara acara, Kamis (16/5/2019), di jalan Hang tuah 9 no.9, Kebayoran lama, Jakarta Selatan, dengan narasumber antara lain ; Urip Purwono, Ph.D-ACER Advisor & Kepala Pusat Studi Psikometri, Asesmen, dan Evaluasi, Universitas Padjadjaran, Sukmawati- guru SMP 230, Jakarta Timur, Hj.Tinia Leyli Shofia Ahmad- guru MAN 9 DKI Jakarta.

Manfaat Asesmen Daring sangat beragam bentuknya, dari segi tingkat( contoh:kelas,sekolah, nasional) maupun tujuannya (Sumatif dan Formatif).Namun, Asesmen daring secara umum memiliki beberapa manfaat yang sama terlepas dari bentuk dan tujuannya. Beberapa diantaranya adalah efisiensi pelaksanaan dan administrasi Asesmen, serta pemberian umpan balik (feedback) yang lebih cepat. Asesmen Daring dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga siswa dan guru memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan pembelajaran.

Bagi guru, Asesmen Daring mempermudah guru untuk mengeksplorasi perkembangan belajar siswa secara lebih detil dari waktu ke waktu.manfaat lainnya adanya penilaian adaptif, dimana sejumlah aplikasi Asesmen daring sekarang memungkinkan guru untuk memilih tes yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa yang telah dicapai siswa dalam pembelajaran.(Ine)

Bagikan :