Safari Ramadhan 1440 H/2019 M, Wabup Paparkan Slogan Luwuk Kota Ber-AIR

Bagikan :

NQMBO, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Tim safari Ramadhan 1440 H/2019 M Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dipimpin Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo, menggelar Taraweh berjamaah di Masjid Arrahman, Desa Sayambongin, Kecamayan Nambo, Kabupaten Banggai, Rabu (15/05).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banggai
Menyampaikan salam hormat dan sayang kepada para Jamaah dari Bupati Banggai, DR (Cand) H. Herwin Yatim, MM, yang sedang melaksanakan ibadah Umroh.

“Beliau pada safari Ramadhan ini tidak bersama kami, karena sedang melaksanakan ibadah Umroh. Mohon doa agar Bupati Banggai melaksanakan ibadah Umroh dengan lancar, sehat selalu dan kembali ketanah air dengan selamat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Bupati Banggai direncanakan akan pulang Umroh pada tanggal 26 Mei 2019 dengan menggunakan Pesawat Batik Air dari Jakarta menuju Luwuk (Penerbangan Langsung).

“Penerbangan langsung ini merupakan penerbangan perdana Batik Air akan mendarat di bandara Syukuran Aminudin Amir. Ini merupakan kebanggaan kita semua. Olehnya itu, nikmat tersebut harus kita syukuri pada bulan suci Ramadhan ini. Marilah kita berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan,” urainya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Banggai juga menyampaikan program
Pemda Banggai yakni Luwuk Kota Ber-AIR, yang mempunyai arti Luwuk Kota Bersih, Aman, Indah dan Ramah.

Dipaparkan, pada slogan Bersih dikenal dengan Gerakan Moral PINASA ” Pia Na Sampah Ala”, yang sudah dikenal oleh masyarakat Kabupaten Banggai, bahkan sampai ke masyarakat luar.

“Karena kebersihan merupakan bagian dari pada Iman. Marilah kita sama-sama menjaga kebersihan, jangan buang sampah disungai. Kita perbanyak tempat sampah diwilayah kita masing-masing. Pilah sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Dan yang paling penting, sebisa mungkin untuk mengurangi sampah plastik,” paparnya.

Untuk slogan Aman, Wakil Bupati Banggai menguraikan bahwa masyarakat hidup damai dan tentram. Apabila ada persolaan bisa dikoordinasikan dengan baik kepada aparat Kecamatan maupun aparat keamanan.

“Selesaikan setiap persoalan dengan kepala dingin, jangan emosi. Sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Erat selalu tali persaudaraan. Mari kita jaga kekompakan bersama. Kita samua basudara,” ucapnya.

Terkait slogan Indah, dijelaskan bahwa hal ini terkait dengan keindahan gerakan menanam pohon yang merupakan program pemerintah
“Piya Na Kintal Su Ani”, Liat Kintal Tanam.

“Maknanya jika kita punya lahan yang kosong jangan dibiarkan. Tanamlah tanaman, pohon ataupun buah-buahan yang dapat bermanfaat bagi kita. Penghijauan untuk keindahan,” tambahnya.

Sedangkan untuk slogan Ramah, Wakil Bupati Banggai mengatakan ramah dalam artian ramah lingkungan, ramah Investasi, dan ramah pergaulan. Senyum, Salam dan Sapa.

“Kembangkan budaya kepariwisataan dengan ramah terhadap para pengunjung. Sehingga setiap pengunjung merasa nyaman dan betah berada di Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Pada akhit sambutannya, Wakil Bupati Banggai menegaskan bahwa pemilihan umum (pemilu) serentak 2019 telah usai. Tidak ada lagi ada perbedaan diantara semua pihak.

“Pemilu telah usai. Tal ada lagi perbedaan diantara kita. Kita kembali menjaga produktifitas dan kebersamaan yang kita miliki. Mari sama-sama memikirkan pembangunan untuk Kabupaten banggai kedepannya. Selalu menjaga keamanan, khususnya diwilayah Kecamatan Nambo,” tandasnya.

Safari Ramadhan yang menghadirkan Ustadz Drs. Muh.Mukri. MA, sebagai penceramah ini turut dihadiri para asisten/Staf Ahli, Pimpinan OPD, para Kabag Setda Banggai, Camat dan Sekcam Nambo, Danramil, Kapolsek Nambo, kepala BSM, serta jamaah masjid.(dewi)

Bagikan :