Satgas Sektor 10 Hijaukan Bantaran Citarum Dengan Berbagai Jenis Bambu Dan Pohon Keras.

Bagikan :

Bambu merupakan tanaman jenis konservasi lingkungan yang mampu menjaga ekosistem air dengan baik, lahan yang ditanami bambu akan stabil dan tidak mudah terkena erosi.

Untuk menjaga lahan di bantaran Citarum, satgas sektor 10 sedang giat giat nya merawat serta menanam bambu di Kampung Cisameung Desa Rajamandala Kec Cipatat.

Jenis bambu yang ditanam dan dibibitkan di bantaran Citarum Oleh sektor 10 adalah Bambu hitam, Bambu Gombong, Bambu tutul, Bambu Bitung dan Bambu Tamiang.

” Kami melakukan pembibitan langsung berbagai jenis bambu di Kp Cisameung, kita sudah tanam di kiri dan kana bantaran Citarum,” Ujar Koptu Ahmad Sutija Danru Di Pembibitan Cisameung. Rabu (15/05).

” Atas petunjuk dari Dansektor 10 Kol Kav KH Khuluq, kini di pembibitan Cisameung ditambah dengan penyemaian bibit Mahoni, sudah ribuan pohon mahoni berhasil kami tanam kembali,” Ucap Danru Cisameung.

Ditambahkan Koptu Akhmad Sutija, ” Penanaman bambu hitam di sepanjang bantaran Citarum ini nantinya akan bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, banyak kegunaannya, dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.” Tambahnya.

” Bambu itu mudah tumbuh dimana saja, merawatnya juga tidak terlalu sulit, di Kp Cisameung ini sudah tertanam Ratusan pohon bambu hitam,” Pungkas Koptu Akhmad.

Sementara menurut Praka Lendra bahwa Dansektor 10 selalu mengingatkan anggotanya untuk selalu melakukan sedekah alam, salah satunya dengan cara menanam pohon, lahan masih sangat mencukupi di sektor 10.

” Intinya penanaman pohon terutama bambu, untuk kembali mendekatkan masyarakat dengan alam, karena apabila kita menjaga alam, niscaya alam juga akan menjaga kita,” Jelas Praka Lendra.
(Rie)

Bagikan :