INDRAMAYU RAIH OPINI WTP BERUNTUN 4 KALI

Bagikan :

Indramayu, MPI

Pemerintah Kabupaten Indramayu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke empat kali beruntun dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018.Pemberian opini WTP diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa, kepada Bupati Indramayu H. Supendi dan Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat Selasa (28/05/2019) dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018 pada kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Barat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jawa Barat, Jalan M Toha Bandung.

Arman mengatakan, tanpa mengurangi penghargaan atas keberhasilan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu, BPK masih menemukan beberapa permasalahan atau catatan yang perlu mendapat perhatian meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan.

Ditambahkan Arman, untuk lebih kredibel dalam melakukan pemeriksaan terhadap LKPD 2018 pihaknya menggunakan konsultan akuntan public (KAP). Hal ini dilakukan agar konsultan yang bertugas di lapangan lebih independen.

Ia menuturkan BPK memberikan sejumlah catatan yang harus diperbaiki Kabupaten Indramayu untuk LKPD tahun 2019. Meskipun, kekurangan yang ada saat ini tidak mempengaruhi opini WTP.

“Memang tidak semua sempurna, termasuk kami dalam melakukan pemeriksaan ada batas materialitas, ada toleransi kesalahan. Saat ini itu belum terlewati sehingga masih WTP,” ungkap Arman.

Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan, opini WTP untuk ke empat kali ini sangat membanggakan. Tentunya pencapaian ini patut diapresiasi atas kerja keras semua pihak di Kabupaten Indramayu.

“Kami bersyukur, ini membanggakan bagi kami. Saya berikan apresiasi kepada ASN dalam upaya meningkatkan pengelolaan dan laporan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, masalah yang muncul di lapangan kita terus lakukan perbaikan,” tegas Supendi.

Supendi menambahkan, Kabupaten Indramayu telah meraih WTP selama 4 tahun berturut-turut, yakni tahun 2015, 2016, 2017, dan 2018. Komitmen seluruh pihak yang berkepentingan telah menghantarkan Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten yang terus menorehkan prestasi secara terus menerus.

“Ini membuktikan komitmen semua pihak bahwa kita ingin terus melakukan perubahan dan semangat untuk mewujudkan Kabupaten yang religious, maju, mandiri, dan sejahtera,” kata Supendi.

Sementara itu Ketua DPRD Indramayu, H. Taufik Hidayat yang juga turut hadir pada kesempatan itu menyampaikan, peraihan opini WTP Kabupaten Indramayu merupakan komitmen Bupati dan DPRD dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di bidang keuangan dengan sebaik-baiknya.

Atas prestasi tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bupati beserta perangkat daerah, pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh steak holder yang berkepentingan dan seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu yang telah menunjukan komitmennya.

“Alhamdulillah puji sukur kepada Allah SWT, Pemkab Indramayu kembali menerima opini WTP atas laporan keuangan tahun 2018. Ini merupakan bukti komitmen dari semua pihak yang ada di Indramayu, semoga WTP kali ini menjadi pemicu untuk tahun berikutnya lebih baik lagi,” tegas Taufik.(Deswin Nazamudin)

Bagikan :