Warga Terdampak Banjir Di RW 25 Kampung Cicukang, Apresiasi Satgas Sektor 8 Lakukan Normalisasi Citarum Lama.

Bagikan :

Penataan kali Citarum lama oleh satgas Citarum sektor 8 yang sudah bertahun tahun menjadi tempat pembuangan sampah, mendapat apresiasi warga RW 25 RT 06 Kp Cicukang Desa Mekarrahayu Kec Margaasih.

Wilayah ini menjadi langganan banjir kiriman, karena sampah yang terbawa dari daerah lain tidak bisa mengalir dengan lancar ke kali Citarum lama.

Bapak Misron (60) warga RW 25 RT 06 mengatakan bahwa apabila di Bandung hujan besar, daerah tempat tinggalnya bisa terendam air kiriman.

” Kalau di Kota Bandung hujan besar, tempat tinggal saya bisa terendam air, karena sungai Cicukang selain air juga membawa sampah,” Ujar Misron. Selasa (29/03).

” Air kiriman tidak lancar masuk kali Citarum lama karena pendangkalan dan banyak sampah, akhirnya air jadi tidak lancar mengalir,” tambahnya.

” Pernah sampai 1.5 meter tinggi air yang menggenangi rumah, malah 3 motor saya terendam saat banjir, karena tidak sempat diselamatkan,” Ucapnya sambil memperlihatkan bekas banjir yang masih menempel di dinding rumahnya.

” Jadi dengan adanya satgas Citarum mengeruk sampah di kali Citarum lama, bisa dilihat sendiri air sungai Cicukang mengalir normal, pada waktu hujan besar kemaren air tidak meluap tapi langsung mengalir normal, sebagai warga terdampak banjir, kami sangat berterimakasih kepada satgas Citarum yang sudah mau peduli, semoga tempat tinggal kami terbebas dari banjir,” Ungkap Misron.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ibu Heni (40) warga Kp Cicukang, ” kalau terjadi banjir air masuk ke rumah, padahal rumah saya sudah ditinggikan, air nya hitam dan banyak sampah,”.

Wilayah yang terdampak banjir meliputi dua RW yaitu RW 25 Desa Mekarrahayu dan RW 01 Babakan Sumedang Desa Margahayu Selatan.

Mewakili Dansektor 8 Kol Inf Belyuni Herliansyah, Dansubsektor Mekarrahayu Pelda Ari Purwadi mengatakan,” Tugas satgas adalah menata ekologi DAS Citarum, salah satunya adalah melakukan penataan anak sungai dan bantarannya,”.

” Apalagi ada pemukiman warga yang terdampak banjir apabila terjadi hujan besar, itu disebabkan aliran sungai Cicukang lambat masuk ke kali Citarum lama disebabkan banyaknya tumpukan sampah yang sudah menahun,” Beber Pelda Ari.

” Dansektor 8 sudah memerintahkan kami anggota satgas untuk memasang jaring di setiap ke RW an sampai dengan batas wilayah sektor 8, supaya sampah tidak masuk lagi ke kali Citarum lama,” Ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal itu tambah Pelda Ari,” sedimentasi sampah yang ada di muara sungai Cicukang harus dibersihkan, supaya air mengalir dengan lancar, semoga kedepannya warga yang selama ini mengalami kebanjiran pada saat hujan, bisa diatasi dengan penataan kali Citarum lama ini,” Pungkas Dansunsektor Mekarrahayu.
(Rie).

Bagikan :