Sosialisasi Citarum : Dansektor 7 Ingatkan Warga Untuk Selalu Menjaga Budaya Lingkungan Bersih.

Bagikan :

Memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan terutama DAS Citarum dilakukan Dansektor 7 Kol Kav Purwadi hari ini Rabu (29/05), di Aula Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah.

Dihadiri lebih dari 150 orang yang terdiri dari warga sekitar dan anak yatim piatu, sosialisasi juga dihadiri oleh perwakilan PT Indo Hasasi, Danramil 0906 Kapten Ujang Mulyana, Lurah Andir Saef, para Ketua DKM serta kader Kelurahan Andir.

Dalam paparannya, Dansektor 7 menjelaskan kondisi terkini DAS Citarum yang dikerjakan satgas selama setahun masa bertugas.

” Setahun ini sejak satgas ditugaskan di Citarum untuk memperbaiki ekosistem sudah berjalan sangat baik, mulai dari hulu, tengah dan hilir,” Ujar Dansektor 7.

” Khususnya di sektor 7, dengan wilayah kerja yang meliputi 14 Desa, Kondisi Citarum yang awalnya sakit akut kini berangsur angsur pulih, ini adalah hasil dari sinergitas TNI, Akademisi, Pemerintah, Media dan Masyarakat,” Ungkapnya.

Ditambahkan Kol Kav Purwadi bahwa satgas di sektor 7 selama membenahi ekosistem Citarum, selalu mengutamakan pendekatan personal, ” Kami mengedepankan edukasi kepada warga masyarakat, selain membenahi DAS Citarum,”.

” Bukti dari keseriusan satgas adalah dengan dibebaskanya 900 bangunan liar di lahan Pemerintah, dan saat ini Kodam III/Slw menurunkan 6 alat berat disektor 7 untuk melakukan pengerukan sedimentasi sampah yang sudah sangat parah,” Jelasnya.

Untuk menjaga kestabilan lingkungan, Dansektor 7 menghimbau kepada masyarakat untuk membuat lobang organik di setiap rumah, setelah dipilah terlebih dahulu, sampah rumah tangga dimasukan ke lubang organik.

” Jadi diharapkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke Citarum maupun ke anak sungainya, karena setelah lebaran, apabila masih ada warga yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi sosial sebagai efek jera,” Tegas Dansektor.

Terakhir Dansektor 7 mengajak warga untuk selalu menjaga lingkungan sekitar,” mari mulai saat ini kita tingkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat, kita kembalikan bersama sungai Citarum pada peradabannya sebagai sungai yang bersih, jernih dan nyaman,” Ajak Kol Kav Purwadi

Acara sosialisasi diakhiri dengan pemberian paket sembako kepada undangan yang hadir, juga kepada anak anak yatim serta bantuan untuk para ketua DKM.
(Rie).

Bagikan :