Peningkatan daya dukung bantaran sungai Citarum menjadi fokus sinergitas Sektor V citarum, BBWS Serta warga sekitar

Bagikan :

Bandung media Patriot Indonesia,- Media Patriot Indonesia kabupaten untuk mengantisipasi terjadinya erosi dimusim penghujan dan dimusim penghujan cukup tinggi satgas Citarum harum subsektor V bekerja sama Dengan BBWS dengan dibantu oleh membuat berondong dikampung citoke desa rancakasumba kecamatan solokan jeruk kabupaten Bandung. Selasa (28/5/19)

Dalam perbaikan beronjong ini dengan penambahan personil 16 orang anggota satgas citarum yang diterjunkan kelapangan bersama masyarakat beronjong sepanjang 75 meter lebih dengan ketinggian 10 meter.

Saat diwawancarai di sela-sela kegiatan nya Dansektor V kolonel Inf Sumarno menjelaskan, dimana sebelumnya disini ada jembatan yang mau longsor akibat erosi kikisan tanah hingga mengakibatkan gua cukup dalam, dan di kwatirkan akan melebar dan merusak bantaran Citarum hingga ada penambahan sampai 8 meter lebarnya sepanjang sekitar 100 meter dan penataan bantaran terus kami lakukan menggunakan Eksavator (alat berat), pembuatan beronjong di bantaran sungai Citarum sudah dilaksanakan secara bertahap dengan berkoodinasi langsung pihak BBWS untuk membangun jembatan ini yang merupakan fasilitas jalan milik masyarakat ucap Dansektor V.

Kegiatan ini sudah berjalan selama 23 hari walau sudah bekerja maksimal tetapi Kegiatan ini belum terselesaikan dan dikemudian hari masih ada penambahan kegiatan. Inilah salah satu wujud sinergitas sektor V Citarum harum, BBWS serta masyarakat sekitar. Beronjong cerucuk ini dibuat dari bambu yang dipotong- potong seragam bambu tersebut berjenis bambu Haur yang memungkinkan bambu tersebut bisa tumbuh dan berfungsi sempurna untuk memadatkan tanah dengan kata lain fondasi tanah yang ada akan lebih kuat daya dukungnya.

Lebih lanjut Dansektor V menambahkan serta menghimbau masyarakat sekitar pada khususnya serta masyarakat sepanjang Das citarum pada umumnya untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama yang langsung membuang kebadan sungai.

(Lia)

Bagikan :