Peringati Hari Lahir Pancasila 2019, Bupati Banggai Pimpin Upacara Peringatan

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Tanggal 01 Juni diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai hari lahir ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya diperingati dengan menggelar upacara bendera.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 di Kabupaten Banggai dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, DR (Cand) H. Herwin Yatim, MM, Sabtu (01/06), dilapangan Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Dalam membacakan sambutan tertulis Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Bupati mengungkapkan bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah RI sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air indonesia.

“Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudera pasifik dan hindia, serta di antara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum Perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati menegaskan bahwa sangat diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling hormat menghormati, bekerja sama, dan bergotong royong untuk menatap mada depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila turut dihadiri Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo; Unsur Forkopimda antara lain Danpos AL Luwuk, Sekda Kabupaten Banggai Ir. Abdullah Ali, M.Si; Staf Ahli dan para Assisten Bupati, Pimpinan OPD dan ASN Lingkup Pemda Banggai dan Instansi vertikal lainya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 di Kabupaten Banggai yang berlangsung sederhana namun khimad ini turut dihadiri sejumlah ASN yang berasal dari luar daerah Kabupaten Banggai yang berlibur/mudik.(adm/release)

Bagikan :