Satgas Sektor 20 Dorong Motivasi Dan Tumbuhkan Kepedulian Warga Sekitar Bantaran Sungai Citarum.

Bagikan :

Kabupaten Bekasi. Dalam rangka normalisasi dan mengembalikan ekosistem air, dan fungsi serta aktifitas di sepanjang sungai Citarum seperti dulu, Satgas Sektor 20 Kodim 0509/Kab Bekasi yang bertempat di wilayah Koramil 11/Pebayuran dan Koramil 03/Cabangbungin menggandeng dan memotivasi masyarakat untuk perduli lingkungan dalam menjaga kelestarian dan mengembalikan kemurnian aliran sungai Citarum (Rabu,12/7).

Di bawah pengawasan Dansektor 20 Kolonel Inf Kukuh Hartono, bahwa kegiatan Citarum Harum di wilayah Kabupaten Bekasi harus melibatkan warga yg di lintasi oleh sungai Citarum.

” melibatkan warga sekitar dimaksudkan untuk memotivasi agar seluruh warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai Citarum, tumbuh kepeduliannya dalam menjaga Ekosistem sungai Citarum, sehingga kemurnian air sungai Citarum dapat selalu terjaga dari pencemaran dan kerusakan yg dapat membawa kerugian besar bagi sektor pertanian dan perikanan,” Ujar Dansektor 20 Kol Inf Kukuh Hartono.

” Kegiatan pembersihan aliran sungai Citarum, di fokuskan pada penataan bantaran dan tanggul dari gelagah, rumput serta tanaman liar yg tumbuh, pembersihan sampah dan perbaikan tanggul yg mengalami longsor atau kerusakan,” Ungkap Dansektor 20.

” Dengan mengerahkan seluruh unsur masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran, untuk bersama sama bergotong royong melaksanakan kegiatan pembersihan dengan menggunakan Sabit, golok, parang, cangkul, sekop, sapu lidi, karung dan lainnya,” Jelas Kol Inf Kukuh Hartono.

Pada kesempatan itu Danramil 03/Cabangbungin merangkap sebagai Dansubsektor satgas Citarum Kapten Arh Joedi Narto menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk perduli terhadap lingkungan khususnya masyarakat di wilayah kecamatan Cabangbungin dan Muara Gembong.

” Karena aliran sungai Citarum bermuaranya di wilayah kita, kalau kita masyarakat yg tinggal di sekitar bantaran tidak perduli, maka kita lah yg paling merasakan dampak kerusakaan paling parah karena akan terjadi penumpukan sampah, pendangkalan dsb,” Tegas Dansubsektor Cabangbungin.

” kalau kita tidak perduli menjaga kelestarian bantaran sungai Citarum, maka selain kita, anak cucu kita nanti akan merasakan akibatnya,” Pungkas Kapten Arh Joedi Narto.
(Rie).

Bagikan :