Kolonel Inf Choirul Anam : Penyiraman Dengan Sistem Infus, Selamatkan 2.65 Juta Bibit Pohon Yang Sudah Ditanam.

Bagikan :

Musim kemarau tidak menjadi penghalang bagi satgas Citarum sektor pembibitan, untuk tetap selalu menjaga pohon yang sudah ditanam tumbuh subur.

Hari ini Kamis (13/06), satgas Citarum dan warga masyarakat dengan arahan Dansektor Pembibitan melakukan penyiraman masal di petak 73 Gunung Wayang Windu.

” Musim kemarau ini kita harus ekstra bekerja, selain menanam pohon, satgas juga diharuskan melakukan penyiraman disemua petak yang sudah ditanami untuk menjaga kelangsungan hidup pohon,” Ujar Kol Inf Choirul Anam.

” Satu hari kami dengan masyarakat lakukan penyiraman 2 sampai 3 kali tergantung jarak tempuh nya, karena lahan di Gunung Wayang yang harus kami rawat jaraknya bervariasi antara 3 sampai 7 Km,” Terang Dansektor Pembibitan.

Penyiraman dengan pola infus, menurut Kol Inf Choirul Anam sangat cocok diterapkan di lahan yang sulit terjangkau oleh air atau pompa secara manual.

” Satu botol infus bisa bertahan selama satu hari, setiap satu pohon dipasang satu botol infus, dengan menggunakan ajir sebagai penahannya,” Jelas Dansektor.

” Apabila satu pohon satu botol infus, maka kami saat ini harus memasang 2.65 juta botol infus, dan lakukan penyiraman juga untuk 2.65 juta pohon,” Ungkapnya.

” Setiap hari satgas naik ke atas dengan membawa jerigen air sebanyak 20 liter, untuk setiap jerigen bisa mengisi 25 botol infus,” Bebernya

Ditambahkan Dansektor Pembibitan, bahwa setiap hektar lahan kritis, ditanami pohon sebanyak 1720 dengan perincian 1250 pohon kopi dan 470 bibit pohon keras dan buah buahan.

Dengan luas lahan kritis di Gunung Wayang Windu mencapai 8000 H, maka penghijauan yang harus dikerjakan oleh satgas pembibitan mencapai 14 juta pohon.

” Masih banyak pohon yang harus ditanam, kami juga tidak pernah berhenti menghimbau masyarakat dan instansi untuk ikut peduli menghijaukan Hulu DAS Citarum, mari kita benahi ekologi Citarum dimulai dari hulu,” Pungkas Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Choirul Anam.
(Rie).

Bagikan :