Ramai Dikunjungi Warga, Bupati Banggai Dorong Pemerintah Kecamatan Menata Pantai Wisata

Bagikan :

NUHON, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Rangkaian kegiatan Halal Bi Halal dan Lebaran ketupat yang digelar oleh tiga pemerintah kecamatan, yakni Kecamatan Nuhon, Bunta, dan Simpang Raya, dipusatkan di Pantai Hek Permai, Desa Tomeang, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Rabu (12/06). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dan pimpinan Forkopimda.

Keramaian di Pantai Hek Permai terjadi sejak pagi hingga datangnya rombongan bupati bersama pejabat pada pukul 11.00 Wita. Layaknya suasana pasar malam, selain diramaikan oleh warga yang ingin berwisata, salah satu pantai kebanggaan masyarakat Nuhon itu juga dipadati oleh para pedagang yang menjual barang-barang kebutuhan seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, jajanan, hingga wahana bermain bagi anak.

Lebaran ketupat yang digelar sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri ini sudah menjadi tradisi yang diadopsi oleh masyarakat di beberapa wilayah di Kabupaten Banggai.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, menurut Camat Nuhon Arsad Tamagola, Pantai Hek Permai sudah dikunjungi hingga sepuluh ribuan warga dalam sehari gelaran lebaran ketupat.

“Pengunjung tidak hanya berasal dari wilayah setempat, tapi juga berdatangan dari Kabupaten Touna,” ujar Arsad.

Melihat potensi yang dimiliki, Bupati Banggai dalam sambutannya menegaskan bahwa pemerintah tidak akan tutup mata terhadap pengembangan pantai wisata. Namun, ia juga mendorong agar spot-spot wisata seperti ini didukung dengan fasilitas yang memadai.

“Keindahan alam dan kesejukan pantai akan terus kita nikmati jikalau fasilitas pendukung kita perbaiki,” ujarnya.

Selain itu, Herwin juga mengingatkan agar tanaman dan pohon-pohon yang tumbuh di sekitar tempat wisata tidak ditebang, bahkan perlu diperbanyak.

Hal senada juga disampaikannya saat berkunjung ke Pantai Kalibosi Permai yang terletak di Desa Petak, Kecamatan Nuhon, usai menghadiri kegiatan di Pantai Hek.

“Saya berharap agar Pantai Hek maupun Kalibosi Permai semakin dikembangkan sebagai kawasan wisata unggulan bagi masyarakat Kecamatan Bunta, Nuhon, dan Simpang Raya,” tambahnya.

Dalam momentum ini, Herwin juga menyampaikan permintaan maaf jika kebijakan-kebijakan yang selama ini diterapkan oleh Pemkab Banggai masih belum memenuhi ekspektasi sebagian masyarakat.

“Melalui momentum ini saya meminta permohonan maaf dari masyarakat sekalian apabila ada kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemkab Banggai selama ini belum memenuhi ekspektansi masyarakat,” tandasnya.(adm/release mediakominfo Banggai)

Bagikan :