Curah Hujan Meningkat, Puluhan Hektar Sawah Tenggelam

Bagikan :

BATUI, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Puluhan hektar sawah di Kecamatan Batui dilaporkan tenggelam pasca hujan yang mengguyur Kecamatan Batui dan Batui Selatan sejak Jumat (14/06) hingga hari ini, Sabtu (15/06). Hal ini diungkapkan Kapolres Banggai, AKBP Moch. Sholeh, SIK, SH, MH, melalui Kapolsek Batui, IPTU Chandra, SH.

“Sejak kemarin (Jumat) hingga hari ini (Sabtu) Kecamatan Batui dan Batui Selatan diguyir hujan. Meningkatnya curah hujan ini mengakibatkan puluhan hektar sawah di Desa Bonebalantak dan Kelurahan Bakung tenggelam,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain menenggelamkan puluhan hektar sawah, kondisi wilayah yang terkena dampak mengalami kenaikan air akibat curah hujan. Beberapa Desa mengalami kenaikan air dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa.

“Desa suka Maju 1 mengalami kenaikan air dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa. Satu unit rumah warga di Desa Bonebalantak juga dilaporkan terendam air sekitar 20 cm,” tambahnya.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Kapolsek Batui bersama anggota turun memantau situasi wilayah yang rawan terkena banjir serta menghimbau kepada warga agar tetap waspada apabila debit air tidak surut.

“Kami terus melakukan pemantauan situasi diwilayah yang rawan terkena banjir. Dan menghimbau kepada warga agar tetap waspada apabila debit air tidak surut untuk segera mengungsi ketempat yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Kapolsek menuturkan, dalam pemantauan tersebut diketahui Luapan sungai Batui, Bakung, Kayowa dan Sinorang belum melewati jalan.

“Hingga saat ini belum ada laporan tentang adanya korban jiwa dan kerugian materil. Kondisi air sekarang sudah mulai surut. Sawah yang tergenang/tenggelam belum ditanami padi,” pungkasnya.(dewi/adm/release)

Bagikan :