Kapolres Banggai : Curanmor Salah Satu Kasus Menonjol Di Polres Banggai

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banggai, AKBP Moch. Sholeh, SIK, SH, MH, menyampaikan kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) merupakan salah satu kasus yang menonjol di wilayah hukum Polres Banggai. Hal ini diungkapkannya kepada awak media ini melalui sambungan whatsapp, Jumat (14/06).

Kapolres mengungkapkan salah satu kasus curanmor yang saat ini sedang ditangani Polres Banggai terjadi pada Senin (20/05), sekitar pukul 02.00 Wita dini hari, di Dusun 3 Desa Binohu, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai.

“Selang waktu dibulan April sampai Mei sudah terjadi dua kali pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Nuhon,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan upaya pengungkapan telah dilaksanakan Polres Banggai dengan serangkaian giat upaya penyelidikan. Dua jam pasca kejadian pencurian pada 20 mei tersebut, petugas berhasil mengamankan tiga orang tersangka curanmor.

Dua jam pasca kejadian, sekitar pukul 04.30 Wita, petugas berhasil menangkap satu orang tersangka bernama Fadli Mallo alias FM alias Li, di Desa Kalumbangan, Kecamatan Bunta. Dan dua orang temannya, Sakri M. Talamoa alias SMT alias Ki, serta Jalil Kae alias JK alias Ji dikebunnya di Desa Bella.

“Ketiga orang tersangka saat ditangkap oleh tim unit Reskrim Sektor Nuhon bersamaan didapat 2 unit BB Sepeda motor jenis Honda Revo warna biru putih dan Yamaha vega R warna hitam. Keduanya tanpa plat nomor,” paparnya.

Kapolres menegaskan berdasarkan hasil pengembangan dari ketiga tersangka, diketahui salah satu tersangka merupakan residivis kasus pencurian.

“Tersangka Fadli Mallo alias FM alias Li merupakan residivis kasus pencurian traktor di wilayah hukum Sektor Balantak sekitar tahun 2014 dan sudah divonis di PN Luwuk. Kemudian melakukan kembali kasus curanmor ditahun 2019 dengan wilayah Kecamatan Nuhon, Bunta, Lamala dan Balantak,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, barang bukti yang didapat sebanyak 6 unit kendaraan roda dua. Barang bukti ini diamankan dimako Polsek Nuhon.

“Ketiga tersangka sudah ditahan di rutan/lapas Luwuk dan dikenakaan Pasal yang dipersangkakan yakni 363 KUHP tentang pencurian. Dan telah dilakukan SPDP ke JPU dan berkoordinasi tahap 1 berkas untuk percepatan penyidikan perkara,” pungkasnya.(dewi/adm)

Bagikan :