Sosialisasi Citarum : Dansektor 8 Akan Tindak Tegas Pembuang Sampah Dan Limbah Industri Sembarangan.

Bagikan :

Upaya mengembalikan DAS Citarum terus dilakukan oleh satgas Citarum sektor 8, salah satu nya adalah melakukan Sosialisasi kepada masyarakat.

Hari ini Rabu (19/06), Dansektor 8 Kolonel Inf Belyuni Herliansyah bersama jajaran Subsektor Cilampeni mengadakan sosialisasi yang dihadiri PLT Kepala Desa Cilampeni Aam Alamidin, Ketua BPD Maryadi HS serta 100 orang warga dari tiap ke RW an, di Aula Balaidesa Cilampeni Kec Katapang.

Dalam paparannya, Dansektor 8 menekankan pada persoalan sampah rumah tangga, masyarakat diminta untuk memilah dahulu sampah yang akan dibuang.

Untuk mengatasi sampah rumah tangga, Dansektor 8 akan membangun TPS3R sebagai tempat mengolahan sampah terpadu, disana sampah akan dipilah terlebih dahulu sebelum dimusnahkan.

” Program DAS Citarum harum ini adalah lanjutan dari program Citarum sebelumnya, tanpa keterlibatan warga, program apapun tidak akan berhasil,” Ujar Dansektor 8.

Menurut Dansektor bahwa persoalan Citarum sangat rumit, selain sampah rumah tangga, ada limbah Industri, Limbah Domestik, lahan kritis yang mengakibatkan pendangkalan sungai,” Tuturnya.

” Persoalan sedimentasi di DAS Citarum terutama di sektor 8, kita sudah lakukan pengerukan di sungai Citarum, pendangkalan nya sangat parah, sedimen nya mencapai 3 – 4 meter,”.

” Hasil pengerukan Citarum ini 80 persennya adalah sampah, terutama plastik dan kain, dan ini merupakan sampah yang mengakibatkan pendangkalan sungai,”.

Ditambahkan Dansektor 8, dengan banyaknya anak sungai yang bermuara ke Citarum, setiap musim hujan, maka anak sungai itu akan membawa sampah masuk Citarum.

” Nanti kita akan buat pembatas disetiap anak sungai untuk mengantisipasi sampah dari wilayah lain masuk ke sektor 8, atau sampah yang dibuang warga sektor 8, nanti akan ketauan darimana asal sampah itu,”.

Terkait limbah Industri, Dansektor berharap partisipasi warga untuk ikut mengawasi, apabila warga menemukan ada pabrik yang membuang limbah, Dansektor meminta warga langsung laporkan.

” Saya tidak akan memberikan toleransi kepada Pelaku Industri apabila ketauan membuang limbah, kita akan tutup salurannya,” Tegas Kol Inf Belyuni.

Diakhir sosialisasi, Dansektor 8 berkenan memberikan bingkisan sembako seraya meminta dengan sangat warga berpartisipasi aktif, jangan sungkan untuk melaporkan setiap ada pelanggaran.

” Kita akan jaga bersama sungai kita, demi kebaikan anak cucu kita nanti,” Pungkas Kol Inf Belyuni Herliansyah.
(Rie).

Bagikan :