Sosialisasi Citarum : Dansektor 7 Bentuk Siswa SMPN 3 Rancamanyar Menjadi Pribadi Tangguh Yang Peduli Lingkungan.

Bagikan :

Sosialisasi Citarum Harum satgas sektor 7 mulai menyentuh generasi muda, hari ini Dansektor lakukan edukasi tentang Citarum di Aula SMPN 3 Rancamanyar Kec Baleendah. Kamis (20/06).

Sosialisasi di sekolah yang mengusung program Adiwiyata ini selain Dansektor 7 Kol Kav Purwadi dan jajaran satgas Citarum juga hadir Kepala Sekolah SMPN 3 Rancamanyar E Wawan Hermawan, serta Danramil 0906 yang diwakili oleh Pelda Dodi Daodi.

Diawali oleh sambutan Kepsek E Wawan Hermawan, acara yang dihadiri seratus orang siswa dan guru ini berlangsung tertib, semua menyimak acara sosialisasi Citarum Harum.

” Kami sangat terkesan bahwa Sekolah kami dipilih oleh Dansektor 7 sebagai tempat melakukan sosialisasi Citarum, kebetulan Sekolah ini mengusung Program Adiwiyata,” Ujar E Wawan Hermawan.

” Siswa yang hadir ini merupakan siswa yang aktif di ekskul sekolah, seperti Paskibra, Pramuka, dan Pencinta Lingkungan, jadi pas sekali dengan Program ini,” Tutur Kepala Sekolah SMPN 3 Rancamanyar.

Memasuki Pemaparan Dansektor 7 Kol Kav Purwadi, Antusias siswa mulai terlihat, para siswa dan guru fokus menyimak tentang Program Citarum yang sudah berjalan satu tahun lebih dengan segala kemajuannya.

” Sungai Citarum yang kita kenal ini merupakan sungai yang sangat Vital, dengan Panjang 269 Km, mempunyai 3 waduk yang dipergunakan untuk pembangkit listrik yang mengaliri Jawa dan Bali,” Demikian Dansektor 7 mengawali paparannya.

” Apabila aliran Sungai Citarum banyak mengandung sampah dan limbah Industri, terjadi pendangkalan, serta kotoran manusia dan hewan, maka lambat laun ketiga waduk itu tidak dapat lagi dipakai untuk pembangkit listrik, dan Pulau Jawa sampai Bali akan padam,” Ujar Kol Kav Purwadi.

” TNI ditugaskan sebagai satgas Citarum atas perintah Presiden melalui Perpres no 15 tahun 2018, dimana Pangdam III/Siliwangi sebagai Wadansatgas I Bidang yang mengharuskan TNI mengembalikan Ekosistem Citarum,”.

Seperti diketahui bahwa DAS Citarum sebelum TNI turun, mendapatkan predikat sebagai sungai terkotor di Dunia, kondisinya sudah sangat memperihatinkan, sangat tidak layak disebut sebagai sungai kebanggaan Jawa Barat.

” Sebagai Dansektor, saya berharap bahwa sosialisasi ini bisa ditularkan oleh siswa SMPN 3 kepada keluarga, teman dan lingkungannya,” Harapnya.

” DAS Citarum dari hulu sampai hilir membutuhkan 125 juta pohon, sekarang baru tertanam 2 juta lebih, jadi saya mengajak para siswa SMPN untuk menjadi pionir dalam peduli lingkungan, mari kita mulai sejak usia dini,” Ucap Dansektor 7.

Selesai pemaparan Dansektor, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, antusias siswa dan guru dalam mengajukan pertanyaan sangat beragam.

Untuk para siswa dan guru yang bertanya, Dansektor 7 memberikan hadiah langsung berupa uang tunai.

Sosialisasi diakhiri dengan pembagian cenderamata berupa kaos dengan tema ‘Citarum adalah kita’ untuk seluruh peserta dilanjutkan dengan foto bersama.
(Rie).

Bagikan :