Kasdam I/BB Bersama Kepala Daerah (KDh) Gelar Vidcon Rakornis TMMD Ke-105 dengan Kasad dan Mensos RI 

Bagikan :
Kasdam I/BB Bersama Kepala Daerah (KDh) Gelar Vidcon Rakornis TMMD Ke-105 dengan Kasad dan Mensos RI 
Media Patriot, Sumatera. Medan – Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin bersama sejumlah Kepala Daerah (KDh), seperti Bupati Labuhanbatu, dan Bupati Padanglawas, serta para sekretaris daerah kabupaten/kota atau pejabat yang mewakili dari empat provinsi di wilayah Kodam I/BB, Kamis (20/6/2019), menggelar video conference (vidcon) Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (Rakornis TMMD) ke-105 Tahun 2019 dengan Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang.
Vidcon Rakornis TMMD ke-105 Tahun 2019 yang dilangsungkan di Ruang Rapat Bina Yudha Lantai II, Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan ini, mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.
Rakornis dipimpin Kasad bersama Mensos RI dan jajaran terkait lainnya. Selain Kodam I/BB, sebanyak 15 Kotama lainnya di jajaran TNI AD, juga melakukan vidcon Rakornis TMMD ke-105 ini.
Dalam arahan Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan, Rakornis TMMD ke-105 ini sengaja dilakukan dengan video conference. Tujuannya agar tercipta multiefek dan pemerataan dari kehadiran para pejabat TNI dan sipil dari daerah yang menggelar TMMD di sebuah wilayah di provinsi.
“Jadi, selama ini Pak Menteri, para pejabat TNI dan sipil dari daerah selalu berkumpul di Jakarta, bila ada rakornis seperti ini. Tapi kali ini kita ubah dengan video conference, sehingga daerah juga kebagian rezeki dari kehadiran para pejabat itu,” ungkap Kasad.
Sementara, Agus Gumiwang menguraikan, pelaksanaan TMMD ke-105 yang dikerjasamakan TNI AD dengan Kemensos RI, diarahkan kepada daerah dengan kategori 3T. Yakni tertinggal, terdepan, dan terluar.
“Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menyinergikan program Kemensos RI dengan pelaksanaan TMMD, di samping harapan untuk menginternalisasi nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial,” ungkap Mensos Agus Gumiwang.
Untuk wilayah Kodam I/BB, TMMD ke-105 ini digelar di 6 Kodim. Yakni, Kodim 0209/Labuhanbatu, Korem 022/Pantai Timur di Kabupaten Labuhanbatu, Kecamatan Panai Hulu, Desa Cinta Makmur.
Kemudian, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Korem 023/Kawal Samudera di Kabupaten Padanglawas, Kecamatan Sosa, Desa Hutaraja Lamo dan Desa Padang Mondang.
Berikutnya, Kodim 0313/Kampar, Korem 031/Wira Bima di Kabupaten Kampar, Kecamatan XIII Koto Kampar, Desa Balung. Lalu, Kodim 0321/Rohil, Korem 031/Wira Bima di Kabupaten Rohil, Kecamatan Bangko, dan Sinaboi di Desa Sei Bakau, Desa Raja Bejamu, Desa Sei Nyamuk, dan Desa Kepulauan Bagan Punak.
Selanjutnya di Kodim 0304/Agam, Korem 032/Wirabraja di Kabupaten Agam, Kecamatan Pelembayan, Desa Nagari Koto dan Desa Nagari Sungai Puar.
Terakhir di Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun, Korem 033/Wira Pratama di Kabupaten Karimun, Kecamatan Tebing dan Meral Barat di Desa Pongkat dan Desa Pasir Panjang.
Pelaksanaan TMMD ke-105 TA 2019 ini akan berlangsung selama 30 hari dengan waktu pembukaan pada 10 Juli 2019, dan waktu penutupan pada 8 Agustus 2019.
Turut mendampingi Kasdam I/BB dalam vidcon Rakornis TMMD ke-105 ini, di antaranya Aster Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, dan para Dandim pelaksana TMMD ke-105 TA 2019.
Sumber: Pendam I/BB
Editor : Pairin
Bagikan :