Penyuluhan P4GN Kodim 0731/Kulon Progo

Bagikan :
Penyuluhan P4GN Kodim 0731/Kulon Progo
Media Patriot, Sumatera. Yogya Barat. Kamis pagi (20/06/19), mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Aula Makodim 0731/Kulon Progo, dilaksanakan penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), bagi anggota Kodim 0731/Kulon Progo, militer dan PNS serta perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXII.
Kegiatan dipimpin oleh Dandim 0731/Kulon Progo, yang diwakili Kapten Kav Isngafuan (Danramil Pengasih). Sebagai narasumber adalah dr Dian Indah Vitarini (Dokter Klinik Pratama Kartika 0731 Kulon Progo).
Sambutan Kapten Kav Isngafuan mewakili Dandim 0731/Kulon Progo, antara lain :
kita wajib bersyukur karena rutin mendapat penyuluhan P4GN setiap tga bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh anggota Kodim 0731/Kulon Progo dan keluarga, agar tidak terjerumus dalam narkoba.
dr. Dian Indah Vitarini dalam paparannya menyampaikan bahwa narkoba adalah segala zat yang mempengaruhi susunan syaraf pusat manusia, yang mengakibatkan kelainan pada pikiran, perasaan dan kehendak. Contoh narkotika antara lain : candu, morfem, kokain, ganja, krokodil, Lysergite acit Diedthy Lamide, Molly, Extasi dan lain-lain. Sasaran dari penyebaran narkoba adalah kaum remaja, sehingga kalau para remaja sudah terkena narkoba, maka masa depan negara kita akan hancur, karena penerus bangsa ini ke depan adalah para remaja saat ini.
Lebih lanjut disampaikan dr. Dian bahwa tanda-tanda penyalahgunaan narkoba bagi remaja adalah : prestasi belajar di sekolah tiba-tiba menurun mencolok, perhatian terhadap lingkungan tidak ada, sering kelihatan mengantuk di sekolah, sering keluar dari kelas pada waktu jam pelajaran dengan alasan ke kamar mandi dan sering terlambat masuk kelas setelah jam istirahat.
Cara pencegahan agar tidak terjerumus dalam narkoba antara lain dengan : beribadah sesuai dengan agama masing-masing sehingga selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, hidup sehat dengan pola makan seimbang, olah raga yang cukup dan berfikir positif.
Selesai penyuluhan dilanjutkan dengan pengambilan sempel urine dari anggota sebanyak 75 orang. Dari hasil tes urine semua dinyatakan negatif.(NSR/SWR).
Sumber: Pendam I/BB
Editor : Pairin
Bagikan :