Kolonel Inf Choirul Anam : Jangan Sampai Generasi Yang Akan Datang Bertanya ‘Dimana Hutan Kita’.

Bagikan :

Memberikan Pemahaman menjaga keseimbangan alam kepada masyarakat dan petani penggarap terus dilakukan oleh Satgas Sektor Pembibitan.

Bertempat di Aula Kecamatan Kertasari, Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Choirul Anam kembali melaksanakan sosialisasi tentang Program Citarum dan kemajuan sektor pembibitan satu tahun kebelakang. Senin (24/06).

Sosialisasi tahap kedua ini dihadiri oleh Danramil 0907 Kapten Inf Erwin, Sekcam Kec Kertasari Cece Suarsa S.Ag, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, serta 100 undangan dari warga dan petani penggarap.

Paparan Dansektor Pembibitan dimulai dengan melihat langsung Progres selama satu tahun satgas Citarum, mulai dari penyemaian, penanaman sampai dengan penyiraman.

” Kita mengingatkan kembali warga dan petani penggarap akan komitmen yang sudah terbangun waktu pertama kali sosialisasi Citarum harum,” Ujar Dansektor.

” Saya berniat ibadah membantu bapak semua, kalau menurut aturan dari Perhutani, harus ditanami pohon keras, saya paham masyarakat tidak mempunyai surat apapun menggarap lahan Perhutani, maka dari itu kita semua harus bersyukur,”.

” Mari kita hentikan perambahan hutan, jangan lagi ada lahan kritis, apabila terjadi hujan tanah dilahan kritis satu tahun tergerus 12 Ton, apakah kita akan mewariskan pada anak cucu kita lahan kritis, nanti mereka bertanya ‘ dimana hutan kita ?,” Tandas Kol Inf Choirul Anam.

Menurut Dansektor Pembibitan, pendekatan yang dilakukan sampai saat ini adalah pendekatan dari hati ke hati, agar warga selain menanam sayuran juga merawat kopinya.

” Apabila ada tanaman kopi yang mati, harus cepat diganti, jangan sampai bapak semua merawat sayuran tapi kopi tidak dirawat,” Tuturnya.

Dansektor berjanji, apabila warga tidak patuh dengan himbauan, maka warga tidak akan bisa kembali menanam dengan pola tumpang sari di lahan perhutani.

” Saya akan lepas tangan, satgas akan terus tanam pohon di lahan kritis, karena tujuan kami adalah menghijaukan kembali Gunung Wayang,” Ucapnya.

Sementara Sekcam Kertasari Cece Suarsa menghimbau kepada warganya untuk mendukung penuh Program Citarum harum terutama sektor pembibitan.

” Dansektor Pembibitan sudah begitu baik terhadap warga, jadi kedepannya kita akan selalu ikutkan warga dalam.program Citarum Harum,” Himbau Cece Suarsa.

Sosialisasi Citarum diakhiri dengan pembagian bahan kontak kepada peserta yang hadir, Dansektor Pembibitan Kol Inf Choirul Anam didampingi Pasi Ops sektor Lettu Ijudin, berkenan memberikan langsung kepada peserta.
(Rie).

Bagikan :