Festival Tompotika 2019, Perkenalkan Sejumlah Potensi Destinasi Wisata Di Kecamatan Bualemo

Bagikan :

BUALEMO, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Sejumlah destinasi wisata diwilayah Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, siap diperkenalkan kedunia luar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kecamatan yang berada dibawah kaki Gunung Tompotika ini hampir tidak dikenal oleh masyarakat diluar Kabupaten Banggai.

Kecamatan Bualemo memiliki sejumlah tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata dan wajib dikunjungi. Diantaranya Gunung Tompotika dan Gunung Masigi, penangkaran burung maleo, pantai pasir putih di Desa Taima.

Selain itu, Kecamatan Bualemo juga memiliki beberapa pulau yang memiliki ciri khas tersendiri. Yakni Pulau Mantawalu Daka dan Ise. Kedua pulau tersebut didiami oleh satu dari tujuh spesies Kelelawar langka di dunia. Serta Pulau Nyamuk yang ada di Desa Longkoga.

Salah satu usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dibawah komando Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar) dalam memperkenalkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata, tak hanya lokal, tetapi bertaraf nasional bahkan internasional, ini melalui Festival Tompotika yang belum lama ini digelar Dinas Pariwisata Banggai.

Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, melalui Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik dan Rekayasa Sosial, Hasanuddin Idris, pada kesempatan itu menegaskan bahwasanya Pemerintah tidak akan menutup mata dan akan terus menggalakkan promosi terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Banggai, salah satunya di Kecamatan Bualemo.

Hasanudin mengungkapkan hal itu dilakukan pemerintah dengan tujuan agar destinasi wisata di Kecamatan Bualemo bisa dikenal oleh dunia luar.

“Dengan dikenalnya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banggai, salah satunya di Kecamatan Bualemo, tentunya akan mendatangkan azas manfaat bagi warga masyarakat di wilayah itu, terutama peningkatan kesejahteraan di bidang ekonomi,” ungkapnya.

Pada Festival Tompotika 2019 yang baru pertama kali digelar ini disajikan beberapa kegiatan, diantaranya mendaki Gunung Tompotika dengan ketinggian 1.530 Mdpl, jelajah pantai, malam kesenian, dan lomba mewarnai serta melukis.(adm/mediakominfo bgi)

Bagikan :