Guna Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0104/Atim Laksanakan Latihan Navigasi Darat

Bagikan :
Guna Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0104/Atim Laksanakan Latihan Navigasi Darat
Media Patriot, Sumatera. Langsa-Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan kegiatan minggu militer sesuai dengan direktif latihan yang telah diturunkan dari komando atas, guna mengasah dan meningkatkan kemampuan dasar personel dengan melaksanakan kegiatan navigasi darat, yang bertempat di Makodim 0104/Atim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (25-06-2019)
Menurut Pasiops Kapten Inf Suharianto bahwa, latihan minggu militer selama satu minggu dalam setiap akhir bulan terus dilakukan di semua satuan jajaran TNI Angkatan Darat termasuk yang kita lakukan di Kodim 0104/Atim ini, guna meningkatkan profesionalisme masing-masing prajurit. ”Kalau masing-masing prajurit profesional diberbagai bidang seperti PBB (Peraturan Baris-Berbaris), PPM (Peraturan Penghormatan Militer), Navigasi Darat dan Tali Temali serta taktik bertempur tentunya sangat mendukung dalam pelaksanaan tugas pokok baik di dalam satuan maupun diwilayah teritorialnya”. Ungkapnya kepada Tim Media Center Kodim 0104/Atim.
“Untuk itu saya berharap dengan adanya jadwal mingguan pada minggu militer seperti ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh anggota Kodim 0104/Atim sehingga apa saja yang dilatihkan dan sampaikan para koordinator materi dapat diterima dengan baik. Kegiatan minggu militer ini hendaknya dapat dilakukan dengan sunguh-sunguh dan penuh semangat serta rasa tanggung jawab oleh para anggota, sehingga latihan dapat bermanfaat demi pelaksanaan tugas pokok satuan kedepan, “pungkasnya.
Bintara Operasi Serka Sulandi juga menjelaskan bahwa Navigasi Darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas, jelasnya.
Sedangkan Peta merupakan penggambaran dua dimensi pada bidang datar dari sebagian atau seluruh permukaan bumi yang dilihat dari atas, dan diperkecil atau diperbesar dengan perbandingan tertentu. Peta yang diperlukan untuk keperluan navigasi darat adalah peta topografi atau peta kontur. Peta topografi memetakan tempat-tempat di permukaan bumi yang berketinggian sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis-garis kontur, dengan satu garis kontur mewakili satu ketinggian.
Untuk latihan Navrat hari ini materi yang dilaksanakan meliputi :
1. Orientasi Peta.
2. Resection.
3. Intersection.
4. Azimuth – Back Azimuth.
5. Merencanakan Jalur Lintasan.
6. Penampang Lintasan.
7. Titik Triangulasi.
8. Kompas.
9. Mengenal Tanda Medan.
10. GPS (Global Positioning System).
11. DGPS (Differential Global Positioning System).
( rls/Pairin )
Bagikan :