Kolonel Kav Purwadi Dampingi Tim Penegakan Hukum Kementrian LHK Cek PT Famatex.

Bagikan :

Kolonel Kav Purwadi Dampingi Tim Penegakan Hukum Kementrian LHK Sidak Pabrik Di Sektor 7.

Dansektor 7 Kol Kav Purwadi, hari ini Selasa (25/06), mendampingi tim dari Gakum Kementrian LHK mengecek keberadaan PT Famatex Jalan Moh Toha Kab Bandung.

Tim yang beranggotakan 4 orang ini dipimpin oleh I Made Swatama langsung melakukan pengecekan, mulai dari Administrasi, proses produksi, pengelolaan sampah dan pengolahan IPAL serta gudang obat kimia.

” Saat ini kami baru mendapatkan data sekitar 50 perusahaan, diantaranya yang berada di sektor 7 ini,” Ujar I Made Swatama mengawali pemeriksaannya di PT Famatex

” Kami hanya melakukan pemeriksaan, hasilnya nanti akan kami serahkan kepada Ditjen Penegakan Hukum untuk ditindak lanjuti,” Tambahnya.

Menurut I Made Swatama, ada 5 tim yang ditugaskan untuk memeriksa 10 perusahaan, tim Gakum berasal BPPHLHK Wilayah Jawa dan Nusa Tenggara, dibawah Ditjen Penegakan Hukum Kementrian LHK.

Setelah pemeriksaan data, tim Gakkum dengan didampingi Dansektor 7 dan Managemen Pabrik, langsung melakukan pengecekan, secara teliti mereka cek dari proses produksi sampai dengan pengolahan IPAL nya.

Sementara itu Dansektor 7 menyampaikan bahwa tim ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para pelaku industri bertanggung jawab atas pengelolaan perusahaanya.

” Hari ini tim Gakum memeriksa tiga perusahaan, yaitu PT Famatex, PT Pan Asia Dan PT Sumber Sandang,” Ungkap Kol Kav Purwadi.

” Ini adalah tindak lanjut dari pekerjaan kita sebagai satgas Citarum, banyak pabrik yang mendapatkan Proper Biru tapi pengolahan IPAL nya tidak Maksimal,” Ucap Dansektor 7.

” Kami membuat laporan per tiga bulan, bagaimana progres perusahaan, karena tahun ini adalah tahun penindakan bukan lagi himbauan,” Terangnya.

PT Famatex ini salah satu perusahaan yang limbahnya diolah oleh MCAB, setelah selesai melakukan pengecekan, tim dan satgas Citarum langsung memuju MCAB untuk meminta data terkait besaran debit limbah PT Famatex selama satu tahun.
(Rie).

Bagikan :