Penerimaan POLRI 2019 Polda Sulteng, 292 Peserta Dinyatakan Lulus Sementara

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_292 peserta dinyatakan lulus sementara pada seleksi penerimaan POLRI tahun anggaran (T.A) 2019 diwilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal ini terungkap saat gelar sidang kelulusan sementara tingkat panitia daerah (Panda) Polda Sulteng, Selasa (25/06), di Aula Torabelo Mapolda Sulteng.

Sidang yang dipimpin Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulteng, Kombes Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, dihadiri para peserta seleksi dan orang tua wali, ketua dan anggota tim supervisi Mabes Polri, para pengawas baik internal maupun eksternal, dan panitia.

Selain itu, sidang turut dihadiri sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng. Diantaranya Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol Drs. Aries Syarief Hidayat, MM; Karo SDM Polda Sulteng, Kombes Pol Muslikhun, SIK.

Dalam sambutannya, Wakapolda mengungkapkan bahwasanya pelaksanaan sidang kelulusan sementara peserta seleksi penerimaan Polri T.A 2019 yang dilaksanakan secara terbuka ini merupakan wujud transparasi pelaksanaan seleksi dalam menentukan peserta yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti tahap supervisi.

Lebih lanjut dikatakan, Polri bertekad untuk menyelenggarakan sistem seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat guna menghasilkan Polri yang profesional, bermoral, dan modern serta memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran, serta berpedoman kepada moral dan kode etik kepolisian.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara aktif dan optimal dalam pengawasan pelaksanaan penerimaan Polri Tahun 2019 secara terpadu.

“Dengan hal tersebut tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem penerimaan personel Polri yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis serta clear and clean dapat terwujud,” paparnya.

Sementara itu, Wakapolda menuturkan bahwa sidang kelulusan sementara untuk penerimaan terpadu personel Polri T.A 2019 merupakan bagian dari tahapan seleksi guna menentukan para calon personel Polri. Peserta yang lulus terpilih untuk dapat menjalankan tahapan proses selanjutnya yaitu tahapan supervisi Mabes Polri.

Wakapolda juga menegaskan kepada seluruh para peserta seleksi, orang tua peserta, panitia dan pengawas internal maupun eksternal agar melaporkan apabila terdapat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin meluluskan para peserta seleksi.

“Apabila ada oknum-oknum yang yang tidak bertanggung jawab yang ingin meluluskan para peserta seleksi agar langsung dilaporkan,” pungkasnya.

Pada sidang kelulusan sementara untuk tingkat panitia Daerah (Panda) Polda Sulteng tercatat lima (5) peserta dinyatakan lulus untuk seleksi Akademi Kepolisian (Akpol), dan berhak mengikuti tahap supervisi tingkat pusat di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk Bintara Polisi Tugas Umum (Ba Polgasum) sebanyak 237 peserta dinyatakan lulus. 237 peserta ini terdiri dari 222 pria dan 15 wanita, dan berhak untuk mengikuti tahap supervisi.

Sedangkan untuk Bintara Kompetensi Khusus, 37 peserta yang terdiri dari 31 pria dan 6 wanita, dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti tahap supervisi. Serta Tamtama sebanyak 13 peserta yang berhak mengikuti
tahap supervisi.

Sebelumnya, seluruh peserta seleksi telah mengikuti sejumlah rangkaian tes meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, Tes Kesamaptaan Jasmani, Tes Psikologi, Uji Akademik dan tes PMK.(adm/release)

Bagikan :