oleh

Terkait Zakat Profesi, Pemkab Banggai Siap Fasilitasi ASN Muslim


PENCARIAN GOOGLE:

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai siap memfasilitasi penunaian zakat profesi aparatur sipil negara (ASN) muslim dilingkup Pemkab Banggai.

Hal ini diungkapkan Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, melalui Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik dan Rekayasa Sosial, Hasanuddin Idris, Senin (24/06), saat sosialisasi dan kajian mengenai dasar hukum, mekanisme pengumpulan dan pendistribusian zakat, diruang rapat umum Kantor Bupati Banggai.

Berita Viral Hari Ini>>

Dikatakan, dalam waktu dekat, ASN muslim dilingkup Pemkab Banggai dapat menyisihkan sebagian pendapatannya untuk disetorkan sebagai zakat profesi melalui lembaga pengelolah zakat yang ditunjuk oleh Pemda.

“Saat ini pemerintah sudah membuat rancangan peraturan bupati mengenai hal ini. Insyaallah peraturan bupati ini akan terbit di bulan Juli sudah. Jadi gaji bulan juli sudah bisa disisihkan untuk zakat,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, besaran zakat profesi yang dipungut sebesar 2,5% dari total penghasilan setiap bulan bagi ASN yang telah mencukupi nishabnya.

“Bagi ASN yang telah mencukupi nishabnya akan dipungut zakat profesi sebesar 2,5 persen,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Banggai, Zainal Abidin, dalam sosialisasi ini mengingatkan kepada pemerintah agar tidak melakukan pemotongan dari rekening gaji ASN sebelum ada akad tertulis dari ASN yang ingin berzakat.

Ia menegaskan, sesuai dengan keterangan pers yang disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, beberapa waktu lalu, ditegaskan bahwa tidak ada kewajiban terkait zakat profesi. Tetapi pemerintah hanya memfasilitasi ASN yang ingin mengeluarkan sebagian penghasilannya untuk dibayarkan sebagai zakat.

“Kami mengingatkan bahwa pemerintah hanya berfungsi sebagai fasilitator. Pemerintah tidak berhak melakukan pemotongan dari rekening gaji ASN sebelum ada akad berupa pernyataan tertulis dari ASN yang ingin berzakat,” tegasnya.

Selain itu, Zainal juga berharap pengumpulan zakat profesi ini diharapkan dapat dilaksanakan secara transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta tepat sasaran dalam penyalurannya.

“Kedepannya, bila peraturan tersebut dijal√†nkan sekira pengumpulan zakat profesi dilaksanakan secara transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta tepat sasaran dalam penyalurannya,” pungkasnya.

Sosialisasi dan kajian mengenai dasar hukum, mekanisme pengumpulan dan pendistribusian zakat, yang dihadiri para kepala dinas dan kepala bagian organisasi perangkat daerah (OPD) Banggai ini menghadirkan Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik dan Rekayasa Sosial, Hasanuddin Idris; Kabag Kesra, Ramly Hasan; Kabag Hukum, Farid Hasbullah Karim; Ketua Baznas Banggai, Mahfud; dan Ketua Rumah Zakat Banggai, Ust. Iswan; sebagai narasumber.(adm/mediakominfo banggai)

SUMBER:MediaPATRIOT.CO.ID


CONTACT US : https://www.mediapatriot.co.id/contact



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com